OBAT DIABETES BANTU KENDALIKAN GULA PAGI

Mengonsumsi obat diabetes sesuai anjuran dokter pengaruhnya besar untuk mengendalikan gula darah termasuk gula darah di pagi hari yang biasanya mendadak melonjak tinggi. Ada banyak penyebab gula darah jadi lebih tinggi di pagi hari. Beberapa orang mencoba obat diabetes alternative untuk menjaga agar gula darah tidak terlalu tinggi di pagi hari. Sebenarnya kondisi gula darah tinggi di pagi hari adalah hal biasa, tetapi akan jadi masalah jika pasien diabetes mengalami hal tersebut. Maka obat diabetes bisa sangat membantu untuk pasien diabetes menjaga agar gula darahnya tetap stabil di pagi hari.

Lalu sebenarnya seperti apa yang menyebabkan gula darah naik di pagi hari?

 

Dawn Phenomenon

Seperti disebutkan sebelumnya, sebenarnya kenaikan gula darah di pagi hari adalah hal normal. Kenapa bisa begitu? Menjelang pagi hari tubuh akan mempersiapkan diri untuk bangun sehingga mengeluarkan beberapa hormone yang untuk mengendalikan kondisi di dalam. Tubuh akan mengeluarkan hormone pertumbuhan seperti kortisol dan catecholamines karena pada saat itu liver akan melepaskan sejumlah besar gula dalam pembuluh darah. Bagi orang tanpa diabetes, tubuh akan memproduksi insulin untuk mengendalikan kenaikan gula darah tersebut. Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan kenaikan gula darah.

Karena kondisi ini bisa memiliki dampak besar bagi pasien diabetes maka untuk mengubahnya harus ada penyesuaian terhadap waktu makan, konsumsi obat diabetes, serta waktu ketika akan menyuntikan insulin. Pasien harus membuat catatan yang merekam apa saja yang terjadi di pagi, malam dan sore hari pada tubuhnya. Tidak hanya sekedar merekam kadar gula darah, tapi juga kebiasaan makan, insulin, obat diabetes dan aktifitas fisik sehari-hari. Waktu dan jenis makanan, obat dan insulin yang dikonsumsi memiliki pengaruh besar bagi kadar gula darah. Maka mencatat faktor-faktor yang mempengaruhi naik turunnya gula darah bisa membantu mencegah dawn phenomenon membawa dampak negatif bagi pasien.

Somogyi Effect

Untuk yang baru saja dengar istilah ini Somogyi Effect adalah kondisi ketika gula darah turun pada level terendahnya di malam hari yang membuat hormone pertumbuhan seperti kortisol dan catecholamine dilepaskan ke dalam tubuh. Pelepasan ini bertujuan untuk membantu gula darah naik lagi. Namun efeknya gula darah bisa naik melebihi batas aman di pagi hari. Pada situasi ini liver juga akan mengeluarkan glukosa dalam pembuluh darah untuk mencegah penurunan gula darah terlalu ekstrim

Dua kondisi ini mungkin normal bagi orang tanpa diabetes. Tetapi bagi pasien diabetes kondisi ini akan membahayakan tubuh jika terjadi berulang-ulang dan dalam waktu lama. Maka konsultasikan pada dokter cara untuk mengendalikan kondisi ini dan jika perlu konsultasikan perlunya obat diabetes untuk menjaga kondisi kesehatan pasien.

 

Baca juga: OBAT DIABETES BANTU PASIEN CEGAH KOMPLIKASI