OBAT DIABETES BANTU PASIEN CEGAH KOMPLIKASI

Salah satu tujuan akhir dari obat diabetes, diet sehat, hingga olahraga adalah menjaga gula darah tetap stabil dan mencegah komplikasi yang mungkin terjadi akibat gula darah tinggi dalam waktu lama. Ada banyak sekali kemungkinan komplikasi dari diabetes yang tidak segera mendapat pengobatan yang tepat. Komplikasi parah bisa mengarah pada kemungkinan stroke, serangan jantung, gagal ginjal, amputasi dan kebutaan. Kali ini akan dibahas tentang bagaimana diabetes yang tidak mendapat perawatan baik itu dengan obat, konsumsi menu diet yang tepat dan olahraga mengarah pada komplikasi kebutaan.

 

Diabetes retinopathy dan obat diabetes

Diabetes retinopathy adalah komplikasi diabetes namun dikenal juga dengan diabetes mata. Kondisi ini akan menyebabkan kerusakan pada retina mata yang mengganggu pengelihatan pasien diabetes. Rata-rata kondisi ini diderita oleh mereka yang memiliki diabetes mellitus. Gejalanya diawali dengan pengelihatan kabur, kesulitan membedakan warna hingga kemudian perlahan-lahan mulai kehilangan pengelihatan.

Kondisi gula darah yang tinggi akan mengganggu kerja retina ketika menerima gambar yang disalurkan ke otak. Retina seharusnya menerima cahaya dari luar lalu menerjemahkannya menjadi gambar yang diterima otak, begitulah seharusnya mata sehat bekerja. Tetapi ketika seseorang mengalami retinopathy, maka proses tersebut akan terganggu. Retinopathy menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah pada jaringan retina sehingga akan menimbulkan cairan yang merembes keluar dan menggangu pengelihatan.

Diabetes retinopathy tidak bisa disembuhkan sekedar dengan obat saja. Pasien diabetes harus pergi ke dokter khusus mata untuk menerima penangan dengan tepat. Dengan mengenali tanda-tanda awal retinopathy maka penanganannya juga bisa lebih cepat dilakukan.

Obat diabetes, diet, dan olahraga dirancang untuk mencegah terjadinya komplikasi. Mintalah kepada dokter metode pengobatan yang harus rutin dilakukan. Pasien diabetes juga sebaiknya melakukan kunjungan rutin ke dokter mata meskipun tidak mengalami keluhan. Kunjungan rutin bisa membantu mencegah komplikasi lebih dini karena terkadang diabetes retinopathy tidak menunjukan gejala awal yang pasti.

Maka dari itu sejak awal selalu ikuti anjuran dokter tentang obat, diet dan aktifitas fisik. Mungkin bisa juga menggunakan alternative dengan herbal karena saat ini telah banyak obat herbal yang tidak hanya membantu menurunkan gula darah tetapi juga menutrisi dan menjaga kesehatan tubuh.

 

Baca juga: OBAT DIABETES HERBAL DAN MAKAN SEHAT DENGAN CHIA SEED