OBAT DIABETES TIPE 1 DAN HAL-HAL LAIN YANG PERLU DIKETAHUI

Diabetes tipe 1 mungkin berbeda dengan diabetes tipe 2 yang memiliki obat yang jelas. Kondisi pasien diabetes tipe 1 sedikit berbeda karena penyakit ini berasal dari kondisi tubuh tidak semestinya. Ada beberapa hal mendasar yang perlu diketahui dari diabetes tipe 1, mulai dari perkembangan penyakitnya sampai obat diabetes apa yang bisa digunakan. Obat diabetes bagi pasien diabetes tipe 1 tidak untuk menyembuhkan total namun mengendalikan situasi pasien diabetes agar tidak berlanjut pada komplikasi. Namun sebelum bicara tentang obat diabetes bagi pasien dengan diabetes tipe 1, mari bicarakan dulu tentang kondisi yang dialami pasien diabetes tipe 1.

 

Kondisi awal pasien diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 bisa terdeteksi sejak dini, bahkan ketika masih masa kanak-kanak. Gejala awal dari diabetes tipe 1 memang akan langsung terlihat meskipun pasien masih berusia muda. Apa saja gejala yang perlu diperhatikan pada diabetes tipe 1?

Pertama adalah adanya peningkatan dari rasa haus dan keinginan buang air kecil. Berikutnya adalah rasa lapar yang terus menerus namun disertai dengan penurunan berat badan mendadak tanpa alasan. Dan terakhir adalah mulai sering merasa lelah diikuti dengan pandangan yang kabur. Ketika gejala ini muncul, maka patut diwaspadai bahwa mungkin ini memang gejala diabetes tipe 1.

Merasa masih terlalu muda untuk mengalami diabetes? Coba lihat lagi bagaimana diabetes tipe 1 dapat terjadi.

Diabetes tipe 1 adalah kondisi ketika tubuh tidak dapat memproduksi insulin. Dikenal juga dengan penyakit auto-imun karena sistem imun akan secara otomatis menghancurkan sel beta yang baru saja diproduksi tubuh. Karena sistem imun terus menghancurkan produksi sel beta, maka diperlukan suntikan insulin untuk memenuhi kebutuhan insulin yang tidak bisa dilakukan oleh pankreas.

Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai sebab, diantaranya adalah: genetika, lingkungan dan auto-imun. Karena berasal dari kelainan organ tubuh, diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah kemunculannya.

Apakah ada obat diabetes untuk diabetes tipe 1?

Obat dan pengobatan bagi diabetes tipe 1 bukan bertujuan untuk menyembuhkan, melainkan untuk mengendalikan kondisi kesehatan pasien dari kemungkinan komplikasi. Suntikan insulin dimaksudkan untuk mengendalikan kondisi pasien.

Sementara untuk kondisi kesehatan lain dapat dimonitor dengan obat minum untuk diabetes tipe 1, diet, olahraga dan pengecekan gula darah secara rutin.

Nah, karena bukan penyakit yang berasal dari kesalahan gaya hidup dan tidak benar-benar bisa disembuhkan, orang-orang yang memiliki resiko diabetes tipe 1 sebaiknya memperhatikan gejala awalnya agar segera bisa menerima pengobatan dan memastikan semuanya terkendali.

 

Baca juga: OBAT DIABETES BANTU KENDALIKAN GULA PAGI