YUK MULAI MELINDUNGI TUBUH DARI KOMPLIKASI DIABETES

Salah satu hal yang harus diwaspadai dari penyakit diabetes adalah kemungkinan banyak penyakit komplikasi diabetes yang bisa sangat membahayakan. Komplikasi diabetes bisa berupa berbagai macam penyakit yang akan mengganggu keseharian pasien hingga menyebabkan kematian. Pasien diabetes mungkin bisa mengonsumsi obat-obatan untuk mengurangi resiko komplikasi diabetes, tetapi tidak semua hanya bergantung pada obat. Makanan yang masuk ke dalam tubuh memegang peran penting dalam melawan komplikasi.

Bagian tubuh yang rentan terhadap komplikasi diabetes adalah mata, jantung, syaraf dan gusi. Nah, dalam artikel kali ini akan sedikit dibahas tentang makanan apa saja yang paling banyak membantu tubuh melindungi diri dari komplikasi.

 

Komplikasi jantung diabetes

Pertama-tama, mari lindungi jantung dari resiko komplikasi akibat diabetes. Jantung memang beresiko tinggi mengalami masalah akibat diabetes. Gula darah tinggi memicu timbulnya penyakit lain seperti hipertensi, penyumbatan pembuluh darah hingga serangan jantung. Lalu apa yang harus dilakukan? Cobalah untuk perbanyak konsumsi makan yang baik bagi jantung.

Makanan yang baik bagi jantung adalah: kacang walnut, brokoli, delima atau pomegranate, bubuk cokelat dan tomat. Brokoli makanan yang rendah kalori dan kaya antioksidan sehingga tidak berbahaya bagi tubuh. Buah pomegranate ternyata juga buah yang kaya akan antioksidan sehingga baik untuk menangkal efek buruk radikal bebas. Hal yang sama berlaku untuk bubuk cokelat. Dark choco merupakan bahan makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Komplikasi pada mata

Mata memiliki resiko tinggi mengalami komplikasi atau yang dikenal dengan nama diabetes retinopathy. Diabetes retinopathy adalah kondisi kerusakan pada syaraf mata yang bisa memicu kebutaan. Untuk mencegah kondisi ini salah satu caranya adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan ber-omega-3 dan vitamin D. Kedua mineral alami ini membantu tubuh dalam melawan diabetes retinopathy. Mengonsumsi paling sedikit 500 mg asam lemak omega 3 setiap hari mampu menurunkan resiko diabetes retinopathy hingga 48%.

Sumber asam lemak omega 3 paling banyak berasal dari ikan laut: tuna laut, sarden, dan ikan trout laut.

Melindungi syaraf

Diabetes neuropathy atau masalah syaraf akibat diabetes biasanya diakibatkan ketika tubuh kekurangan asupan vitamin D. Mendapat asupan vitamin D yang cukup membantu mencegah diabetes dan melawan kemungkinan diabetes neuropathy. Darimana sajakah sumber vitamin D untuk melawan neuropathy?

Sumber vitamin D berasal dari: salmon, susu almond, susu kedelai, yogurt, dan ikan makarel. Bakteri baik dalam yogurt akan melepaskan asam lemak yang bisa mencegah diabetes dalam pencernaan.

Melindungi gusi dari komplikasi

Gusi ternyata beresiko juga mengalami komplikasi akibat diabetes. Gusi yang bengkak dan berdarah mungkin bisa sangat berbahaya untuk pasien diabetes. Lalu apa yang harus dilakukan?

Cobalah untuk mengonsumsi secangkir green tea setiap pagi untuk mengurangi resiko penyakit yang berhubungan dengan mulut. Tidak hanya masalah pada mulut, green tea sangat bermanfaat menurunkan resiko komplikasi diabetes umum lainnya dan penyakit jantung. Green tea akan membantu mencegah diabetes itu sendiri dan komplikasi masalah kesehatan lain bagi pasien diabetes.

 

Baca juga: CARA MENCEGAH PENYAKIT DIABETES DAN RESISTENSI INSULIN