CARA MENCEGAH PENYAKIT DIABETES DAN RESISTENSI INSULIN

Ada banyak cara mencegah penyakit diabetes dan resistensi insulin yang mungkin sering dilihat atau disarankan untuk pasien diabetes. Namun cara yang paling nyaman untuk mencegah penyakit diabetes adalah dengan membiasakan hidup sehat dan memakan makanan sehat setiap hari.

Sebenarnya salah satu hal penting yang perlu dibahas adalah bagaimana mengatasi resistensi insulin. Kenapa? Seiring bertambahnya usia memang tubuh akan mengalami penurunan beberapa fungsi yang salah satunya adalah menjadi tidak sensitif terhadap insulin. Karena tubuh menjadi tidak sensitif dengan insulin maka pankreas harus memompa lebih banyak insulin agar tubuh bisa mengontrol gula darah dengan lebih baik. Nah, kondisi ini yang kemudian mengarah pada resiko diabetes. Maka mulai sekarang sebaiknya mulai memahami cara bagaimana mencegah munculnya penyakit diabetes diawali dengan mengatasi resistensi terlebih dahulu.

 

Mengatasi resistensi insulin salah satu cara mencegah penyakit diabetes

Saran yang bisa dilakukan untuk melawan resistensi insulin adalah dengan membuat rebusan cengkeh bersama teh. Cara pembuatannya pun mudah dan murah dilakukan di rumah. Cukup dengan merebus teh yang disukai bersama satu sendok teh cengkeh. Kenapa bisa bermanfaat?

Cengkeh akan mendorong sel-sel penerima insulin menjadi lebih responsive sehingga tubuh akan jadi lebih sensitif terhadap insulin.

Cara lain yang mungkin bisa dicoba adalah dengan banyak mengonsumsi buah blueberry. Jarang ada di Indonesia memang, tetapi blueberry ternyata bermanfaat tinggi untuk orang-orang yang mengalami resistensi insulin. Semangkuk blueberry sudah cukup untuk memberi manfaat bagi tubuh yang harus lebih sensitive terhadap insulin. Atau jika merasa terlalu berlebihan, bisa dengan mencampurkan setengah cangkir blueberry ke dalam sereal atau smoothies. Mencampurkannya dalam dessert juga membuat makanan manis lebih sehat untuk pasien. Kenapa bisa begitu?

Blueberry kaya akan anthocyanin yang memperbaiki sensitifitas insulin dengan mendorong pertumbuhan mikroba dalam tubuh.

Percaya tidak percaya, seseorang yang mengubah pola makannya mulai hari ini dan setiap hari, resistensi insulin yang terjadi dalam tubuhnya akan semakin menurun setiap jamnya. Artinya tubuh akan kembali normal dan merespon insulin dengan lebih baik. Cara mencegah penyakit diabetes yang paling mudah dan dekat dengan kehidupan sehari-hari memang dengan mengubah pola makan. Makanan menjadi sumber utama penyebab diabetes sehingga dengan mengelola kebiasaan makan, maka kadar gula darah juga bisa lebih terkontrol.

 

Baca juga: CARA MENURUNKAN GULA DARAH LEWAT MAKANAN SEHAT