OBAT UNTUK DIABETES ALAMI DENGAN OMEGA 3

Omega 3 dalam bentuk makanan alami ternyata bermanfaat tinggi sebagai obat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan termasuk diabetes. Manfaat omega 3 bagi pasien diabetes tidak hanya sekedar untuk mengendalikan gula darah secara alami saja, tetapi juga untuk menjadi obat yang menjaga tubuh dari berbagai komplikasi.

Semua orang tentu menginginkan tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Nah, sayangnya terkadang pasien diabetes memiliki dilema dimana kondisi tubuhnya tidak dapat begitu saja bisa menyesuaikan diri dengan kondisi di sekitarnya. Pasien perlu obat diabetes untuk menjaga kestabilan gula darahnya dengan tujuan menghindari berbagai komplikasi entah itu dengan obat alami atau kimia. Obat diabetes kemudian dikombinasikan dengan olahraga dan diet sehat. Diet sehat memberi tubuh kemampuan untuk bisa hidup lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Salah satu nutrisi yang paling baik dan harus ada pada menu diet pasien diabetes adalah omega 3.

Kali ini akan dibahas apa saja manfaat yang diterima tubuh jika mendapat asupan nutrisi omega 3 yang cukup dari berbagai bahan makanan alami.

 

Obat diabetes untuk mengendalikab glukosa dan sensitifitas insulin alami

Ketika seseorang dengan diabetes mendapatkan asupan omega 3 sesuai yang dibutuhkan diikuti dengan konsumsi makanan tinggi protein dan rendah glikemik maka kadar HbA1c pasien akan mengalami penurunan dari 7.9% menjadi 7.3% setelah 24 minggu percobaan secara rutin. Ditambah lagi dengan diet yang tinggi omega 3, protein dan rendah indeks glikemik bisa mengurangi terjadi inflamasi dalam tubuh.

Pada tahun 2014 sebuah penelitian menemukan bahwa 4 gram asam lemak omega 3 setiap hari dapat memperbaiki sensitifitas insulin pada orang-orang dengan diabetes. Suplemen omega 3 juga efektif dalam meningkatkan sensitifitas insulin pada wanita yang telah menopause dengan masalah metabolisme.

Para peneliti juga menunjukan bagaimana omega 3 berpengaruh besar terhadap diabetes. Semakin cepat dikonsumsi maka manfaatnya juga semakin terasa.

Meningkatkan fungsi kardiovaskular

Di tahun 2017 sebuah penelitian dilakukan untuk menunjukan peran omega 3 dalam mempengaruhi kadar trigliserida yang tinggi. Dari penelitian ini berhasil membuktikan bahwa mereka yang mengonsumsi 2 gram omega 3 setiap hari mengalami penurunan trigliserida dari 144.83 mg/dl menjadi 86 mg/dl, sementara mereka yang mengonsumsi hanya 1 gram omega 3 hanya mengalami penurunan 43 md/dl. Para penelitian menemukan bahwa 1 gram suplemen omega 3 bisa efektif mengurangi tekanan darah setelah 8 minggu masa konsumsi. Manfaat lain dari omega 3 adalah membantu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh dan menurunkan sumber-sumber penyebab inflamasi pada pasien dengan syndrome metabolisme.

Obat untuk mengatasi masalah ginjal pasien diabetes secara alami

Sebuah penelitian dilakukan dengan memeriksa 344 pasien diabetes, penyakit ginjal kronis dan memiliki riwayat konsumsi omega 3. Pasien yang rutin mengonsumsi suplemen omega 3 lebih dari 4 gram perhari menunjukan perbaikan fungsi saluran pembuangan yang lebih baik dibandingkan mereka dengan dosis kecil.

Sementara penelitian yang dilakukan pada orang-orang yang sehat menunjukan bahwa menggunakan omega 3 mengalami penurunan resiko 31% terkena penyakit ginjal parah.

Membantu mencegah diabetes

Bagi yang belum didiagnosis dengan diabetes maka cobalah mulai sekarang untuk memperbanyak konsumsi omega 3 karena ternyata omega 3 sangat berhubungan dengan berkurangnya resiko diabetes.

Pria yang memiliki kadar EPA/DHA tinggi memiliki resiko diabetes 33% lebih rendah dibandingkan mereka yang memiliki kadar EPA/DHA rendah.

Meskipun omega 3 sangat efektif dalam menjaga kesehatan dan mengendalikan gula darah, tentu saja tidak bisa dianggap sebagai satu-satunya obat diabetes yang bisa dikonsumsi. Konsultasikan pada dokter tetang penggunaannya dan pastikan bahwa konsumsinya dibarengi dengan diet dan olahraga teratur. Saat ini sudah banyak obat diabetes untuk mengendalikan gula darah dengan lebih alami, jadi mungkin bisa dijadikan salah satu pilihannya.

 

Baca juga: Membuat Infused Water Untuk Penderita DIABETES Sebagai Herbal Ampuh