OBAT DIABETES DAN OMEGA 3 YANG BERMANFAAT

Omega 3 mungkin bukan termasuk obat diabetes dalam bentuk tablet dan kapsul lainnya, tapi ada manfaat setara obat diabetes dalam makanan yang mengandung omega 3. Makanan yang mengandung omega 3 sangat dianjurkan dalam berbagai diet termasuk diet diabetes. Diet dan obat diabetes adalah dua hal yang saling melengkapi dalam menjaga agar gula darah pasien tetap stabil. Sebenarnya omega 3 adalah lemak dan untuk memahami seperti apa itu omega 3 sebaiknya akan dijelaskan dulu apa itu lemak.

Secara umum lemak dibagi menjadi dua yaitu lemak jenuh (saturated) dan lemak tak jenuh (unsaturated). Lalu lemak unsaturated dapat dibagi menjadi monounsaturated dan polyunsaturated. Lemak omega 3 adalah salah satu jenis polyunsaturated fat.

Salah satu mengapa omega 3 adalah lemak yang sangat dibutuhkan tubuh adalah karena kemampuannya mengurangi inflamasi pada tubuh. Semakin banyak jumlah lemak omega 3 yang masuk ke dalam tubuh semakin banyak hal positif yang bisa ditemukan untuk membuat tubuh jadi lebih baik.

 

Manfaat omega 3 sebagai obat untuk diabetes

Sebagai pasien diabetes, konsumsi obat dan diet sehat dibutuhkan tidak hanya karena sangat efektif untuk mengendalikan gula darah tetapi juga karena hal tersebut dibutuhkan guna menjaga tubuh tetap sehat. Kehadiran omega 3 juga secara otomatis akan membantu kerja obat diabetes jadi lebih mudah.

Omega 3 dapat menyehatkan sel-sel dalam tubuh dengan terus menjaga membrane sel lebih fleksible. Kenapa penting menjaga membrane sel fleksibel? Semakin fleksibel membrane sel akan semakin mudah nutrisi-nutrisi dan enzyme penting untuk masuk ke dalam sel lalu menimbulkan suatu reaksi penting yang bisa meningkatkan kondisi kesehatan tubuh. Omega 3 dan membrane sel akan menjadi pelindung tubuh dari berbagai partikel berbahaya yang masuk ke dalam.

Ketika omega 3 masuk dan bekerja sama dengan membrane sel maka salah satu hal terpenting yang bisa terjadi adalah pembentukan suatu sistem yang membantu mengurangi inflamasi. Reaksi antara omega 3 dengan membrane sel diantaranya adalah terbentuknya anti-inflamatory yaitu eicosanoid dan resolving serta berkurangnya molekul pro-inflamatory. Dengan begitu tubuh jadi terhindar dari inflamasi di mana itu adalah satu penyebab diabetes.

Pada saat bersamaan juga omega 3 akan memperbaiki kondisi kesehatan jantung mengingat jantung adalah komplikasi diabetes yang bisa sangat berbahaya. Omega 3 akan melindungi jantung dengan cara mencegah darah saling menempel satu sama lain sehingga darah dapat mengalir lebih lancar dan halus pada pembuluh darah.

Maka pasien diabetes sangat diharapkan untuk membarengi konsumsi obat diabetes dengan makanan sehat yang termasuk omega 3 di dalamnya. Omega 3 memiliki peran sangat besar untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga akan membantu kerja obat diabetes jadi lebih efektif dalam menjaga kondisi kesehatan pasien dan gula darah.

 

Baca juga: OBAT DIABETES DALAM RESVERATROL DAN MANFAATNYA