OBAT HERBAL UNTUK DIABETES DALAM OLIVE OIL

Olive oil atau minyak zaitun ternyata sudah terbukti sejak lama memiliki khasiat sebagai obat herbal untuk pasien diabetes. Minyak zaitun saat ini banyak digunakan sebagai pengganti minyak kelapa sawit yang cenderung tidak sehat. Penggunaan minyak zaitun sebagai minyak kelapa sawit memang sangat dianjurkan karena selain lebih sehat, minyak zaitun akan membawa banyak perubahan baik ketika digunakan di dalam atau di luar tubuh. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan minyak zaitun terutama extra-virgin olive oil.

 

Manfaat minyak zaitun sebagai obat diabetes herbal

Yang pertama dan paling penting adalah minyak zaitun sangat mampu untuk menjaga keseimbangan gula darah terutama untuk pasien diabetes tipe 2. Meskipun tidak digunakan secara langsung, minyak zaitun tetap berfungsi sebagai obat diabetes herbal dan merupakan minyak yang aman untuk pasien diabetes.

Selain gula darah, minyak zaitun juga berpengaruh banyak terhadap tekanan darah. Menjaga kestabilan tekanan darah adalah salah satu cara untuk mengurangi resiko komplikasi pada pasien diabetes. Menggunakan minyak zaitun sebagai minyak pengganti minyak kelapa adalah pilihan yang lebih menyehatkan untuk pasien diabetes tipe 2.

Bagi mereka yang memiliki masalah dengan kanker kulit dapat tertolong dengan minyak zaitun. Dan dalam jumlah tertentu bisa juga mencegah pertumbuhan sel kanker jika digunakan secara rutin.

Minyak zaitun mengandung lemak sehat yang sering kali digunakan dalam tambahan salad sehingga tidak perlu mencemaskan masalah berat badan jika sudah menggunakan minyak zaitun.

Mengapa minyak zaitun bagus sebagai obat diabetes?

Extra virgin olive oil mengandung monosaturated dan polyunsaturated fat yang artinya jumlah saturated fat dalam minyak zaitun sangat sedikit. Semakin sedikit jumlah saturated fat dalam sebuah produk makanan maka semakin sehat untuk tubuh. Pasien diabetes yang juga memiliki masalah dengan jantungnya biasanya mengalami kekurangan unsaturated fat dan kelebihan saturated fat. Inilah mengapa salah satu solusi baik yang ditawarkan adalah dengan mengganti minyaknya menjadi minyak zaitun.

Dalam 1 sendok makan minyak zaitun terkandung: 120-125 kalori, 10 gram monosaturated fat, 2 gram polyunsaturated fat dan 1 gram saturated fat. Namun dalam sehari jumlah minyak zaitun yang direkomendasikan untuk dikonsumsi tidak boleh lebih dari 3 sendok makan setiap hari. Boleh dikonsumsi di waktu yang berbeda-beda tetapi tidak lebih dari 3 sendok makan setiap hari.

 

Baca juga: OBAT DIABETES SEKALIGUS OLAHRAGA TERBAIK DIABETES TIPE 2