OBAT DIABETES : RESVERATROL DARI BAHAN ALAMI

Untuk diabetes kehadiran resveratrol dalam obat diabetes bisa berfungsi untuk menurunkan gula darah, mengurangi resistensi insulin, dan memperbaiki kondisi kesehatan jantung. Penelitian tentang penggunaan resveratrol dalam obat untuk pasien diabetes sudah cukup banyak dilakukan, termasuk beberapa jenisnya dan dosis yang direkomendasikan untuk digunakan. Lalu apa sebenarnya resveratrol itu?

Resveratrol bisa dianggap sebagai phytochemical. Phytochemical pada dasarnya adalah kandungan dari tanaman yang memiliki manfaat positif bagi kesehatan tubuh manusia. Kenapa? Karena bagi tanaman sendiri resveratrol berfungsi untuk melawan jamur dan bakteri. Sementara bagi tubuh manusia, resveratrol memainkan peran penting sebagai obat untuk diabetes, obesitas dan penyakit jantung. Untuk lebih jelasnya bagaimana resveratrol bekerja sebagai obat untuk diabetes akan dijelaskan pada artikel ini.

 

Cara resveratrol bekerja sebagai obat untuk diabetes

Resveratrol akan bekerja sebagai antioksidan yang berguna dalam mengurangi inflamasi. Seperti semua orang ketahui, diabetes yang tidak terkendali akan menyebabkan berbagai tekanan pada tubuh. Tekanan ini yang akan menyebabkan kondisi di dalam tubuh bereaksi dan menyebabkan inflamasi.

Inflamasi adalah sesuatu yang umum terjadi pada tubuh manusia namun jika tidak segera diatasi atau dikendalikan dapat berakibat menjadi penyakit yang lebih parah. Pada level molekul, radikal bebas adalah penyebab utama inflamasi yang bisa terjadi dimana saja di seluruh bagian tubuh. Lalu pada level kimia, radikal bebas memiliki 1 elektron ekstra yang nantinya akan dipengaruhi oleh antioksidan.

Resveratrol dan antioksidan bekerja untuk membantu menjaga kestabilan radikal bebas dengan cara melepaskan satu electron atau mengambil satu electron. Dengan begitu jumlah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh bisa lebih terkendali. Resrveratrol bisa bekerja dekat dengan DNA untuk memanipulasi gen yang menyebabkan inflamasi sehingga mengurangi jumlah inflamasi dalam tubuh.

Dimanakah menemukan resveratrol?

Ada banyak makanan yang direkomendasikan bagi pasien diabetes yang mengandung phytochemical dan antioksidan. Sayuran terutama adalah salah satu yang paling banyak mengandung nutrisi yang bisa mengurangi inflamasi dan lebih mudah untuk mengontrol diabetes.

Sekarang juga sudah banyak suplemen yang menawarkan resveratrol dalam jumlah cukup untuk tubuh. Tetapi jika menginginkan resveratrol alami masuk ke dalam tubuh bisa menemukannya dalam kacang tanah, dark chocolate dan blueberry. Makanan yang mengandung resveratrol ini sangat bermanfaat untuk kondisi kesehatan tubuh terutama sebagai obat untuk diabetes meskipun hasil yang diinginkan mungkin tidak cepat seperti suplemen dan obat kimia. Dengan banyak mengonsumsi makanan alami maka tubuh juga bisa mendapatkan manfaat obat diabetes dengan bahan yang lebih aman.

 

Baca juga: OBAT HERBAL UNTUK DIABETES DALAM OLIVE OIL