OBAT DIABETES SEKALIGUS OLAHRAGA TERBAIK DIABETES TIPE 2

Mengonsumsi obat diabetes saja belum tentu cukup bagi pasien diabetes tipe 2 untuk bisa menjaga gula darahnya tetap stabil. Pasien diabetes harus memperhatikan dua hal penting dalam kesehariannya selain obat diabetes yaitu olahraga dan diet sehat. Obat diabetes sejauh ini tidak berfungsi untuk benar-benar menyembuhkan pasien dengan diabetes, tetapi untuk mengendalikan kondisi kesehatan pasien. Nah, tapi tentu saja selain obat pasien diabetes sangat diharapkan untuk mengombinasikan gaya hidupnya dengan olahraga dan diet sehat.

Pasien diabetes bisa saja mengalami berbagai komplikasi penyakit bukan hanya karena tidak mengonsumsi obat secara teratur, tetapi juga karena diet yang salah dan kurangnya aktifitas fisik. Maka selain mengontrol gula darah, diet dan olahraga bisa membantu pasien menjaga kondisi kesehatan fisiknya. Kali ini akan dijelaskan pilihan-pilihan olahraga yang tepat untuk pasien diabetes.

 

Renang maksimalkan manfaat obat diabetes

Dalam berbagai bentuk olahraga, aerobic adalah pilihan olahraga terbaik yang dibutuhkan oleh semua orang. Berenang adalah salah satu aktifitas fisik yang dikategorikan dengan aerobic.  Yang menjadi keuntungan dari olahraga dengan berenang adalah karena renang tidak akan menimbulkan rasa sakit pada persendian dan aliran darah juga jadi lebih baik. Berenang akan memperbaiki banyak kondisi organ tubuh termasuk jantung dan paru-paru untuk penderita asma.

Yoga sebagai obat diabetes

Siapa sangka ternyata yoga bisa jadi salah satu bentuk olahraga yang bermanfaat untuk pasien diabetes tipe 2. Dengan yoga seluruh tubuh jadi lebih rileks dan tenang sehingga seluruh organ dalam tubuh bisa beroperasi dengan cara yang berbeda. Ketika tubuh lebih rileks, sirkulasi darah beredar lebih lancar, kadar gula darah mulai turun, kondisi pankreas lebih baik dari sebelumnya dan resistensi insulin bisa teratasi. Di tempat asalnya sendiri, India, yoga jadi salah satu cara efektif untuk mengendalikan diabetes.

Bersepeda

Bersepeda termasuk olahraga kardio yang bisa menaikan denyut jantung serta memperlancar peredaran darah.

Untuk berapa lama waktu yang diperlukan ketika bersepeda tergantung dari kondisi masing-masing orang. Rata-rata 30 menit sudah cukup untuk membantu mengendalikan gula darah.

Keuntungan lain dari bersepeda adalah bisa sekaligus menurunkan berat badan. Bersepeda efektif dan aman bagi pasien diabetes karena tidak akan menimbulkan luka pada kaki.

Lari

Seluruh tubuh akan ikut bergerak dengan olahraga lari terutama jantung yang akan sangat bermanfaat bagi pasien diabetes. Kenapa berlari bisa sangat bagus untuk pasien diabetes? Karena dengan lari gula darah dalam tubuh akan berkurang, membakar kalori serta mengurangi lemak.

Olahraga yang ada dalam daftar ini terbukti aman untuk pasien dan membuat kerja obat diabetes jadi lebih efektif. Dengan olahraga yang sederhana, cepat, mudah namun efektif ini tidak ada lagi alasan meninggalkan olahraga bagi pasien diabetes.

 

Baca juga: OBAT DIABETES HERBAL YANG TELAH TERBUKTI ILMIAH