OBAT DIABETES DALAM RESVERATROL DAN MANFAATNYA

Resveratrol mengandung antioksidan kuat yang sangat bermanfaat sebagai obat diabetes, obesitas, inflamasi dan masalah kesehatan jantung. Meskipun saat ini sudah banyak suplemen resveratrol sebagai obat diabetes tetapi sebaiknya tetap konsultasikan dengan dokter tentang penggunaan resveratrol ini dalam kehidupan sehari-hari. Ada baiknya juga untuk mulai mempertimbangkan menu diet kaya antioksidan yang terdiri dari banyak jenis sayuran. Sayuran dengan warna-warna cerah biasanya mengandung lebih banyak antioksidan. Lalu apa saja keuntungan dari resveratrol bagi kondisi tubuh terutama pada pasien diabetes yang membutuhkan obat untuk mengendalikan gula darahnya?

 

Obat mengontrol glikemik pasien diabetes

Dalam sebuah studi yang dilakukan di tahu 2012 sejumlah pasien diberi uji coba untuk tetap mengonsumsi obat diabetes sekaligus 250 gram resveratrol lalu dibandingkan dengan peserta yang tidak menggunakan resveratrol sama sekali. Percobaan ini dilakukan selama 3 bulan dan setelahnya kadar A1c pasien yang menggunakan resveratrol mengalami penurunan 0.33%. Tidak hanya kadar A1c saja yang turun, tetapi juga tekanan darah dan total kolesterol pasien. Banyak penelitian yang kemudian membuktikan bahwa resveratrol efektif dalam menurunkan A1c dan menurunkan tekanan darah sekaligus yang berpengaruh sangat besar untuk kondisi kesehatan pasien diabetes.

Pada orang-orang yang memiliki diabetes juga disebutkan bahwa resveratrol akan memperbaiki control tubuh terhadap glukosa dan sensitifitas insulin. Sementara pada orang-orang yang memiliki gula darah normal tidak mengalami perubahan setelah konsumsi resveratrol.

Mengendalikan resistensi insulin

Salah satu hasil studi yang dilakukan dengan mengonsumsi resveratrol selama 4 minggu menunjukan perbaikan kemampuan untuk jadi lebih sensitif terhadao insulin dan memperbaiki kadar gula darah setelah makan. Kondisi ini tercapai setelah pasien mengonsumsi 1-2 gram resveratrol perhari. Mengonsumsi suplemen resveratrol 150 mg perhari dapat memberi efek berbeda pada tubuh yaitu meningkatkan sensitifitas insulin sampai 14%. Sedangkan pada penelitian lain ditemukan juga bahwa pasien diabetes yang diberi 3 gram resveratrol perhari selama 12 minggu memiliki perubahan pada tubuh yang mirip dengan hasil metabolism karena olahraga rutin.

Manfaat bagi kesehatan jantung

Hal paling terkenal dari resveratrol adalah manfaatnya dalam menyehatkan jantung. Sebuah penelitian di tahun 2016 menyebutkan bahwa suplemen resveratrol atau makanan yang mengandung resveratrol akan menurukan total kolesterol sebanyak 0.19 mmol/L dan tekanan darah sampai 2.26 mmHg pada kasus obesitas. Semakin banyak resveratrol yang dikonsumsi maka akan semakin baik hasilnya.

Untuk manfaat dari penggunaan suplemen resveratrol sebagai obat diabetes memang sudah banyak dikenal orang. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung resveratrol alami seperti blueberry atau dark chocolate misalnya. Dengan mengonsumsi makanan tersebut tubuh bisa mendapatkan cukup resveratrol dengan cara alami.

 

Baca juga: OBAT DIABETES : RESVERATROL DARI BAHAN ALAMI