OBAT DIABETES HERBAL DAN MAKAN SEHAT DENGAN CHIA SEED

Obat diabetes tidak selalu dalam bentuk obat-obatan tablet namun bisa juga dari nutrisi yang ditemukan dalam makanan sehat lainnya. Daftar makanan sehat untuk pasien diabetes mungkin banyak dan tidak semua bisa selalu dikonsumsi setiap hari. Memilih konsumsi makanan sehat dengan kandungan nutrisi yang cukup bisa membantu mencegah gejala diabetes menjadi komplikasi berbahaya layaknya fungsi obat diabetes itu sendiri. Saran dari para ahli kesehatan adalah memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian serta mengurangi lemak dan garam hingga seminimal mungkin. Nah, salah satu yang paling bisa bermanfaat untuk pasien diabetes adalah chia seed.

Chia seed sangat bermanfaat untuk pasien diabetes karena mengandung begitu banyak nutrisi yang bisa mengurangi resiko komplikasi pada pasien diabetes. Para ahli memang menyarankan chia seed sebagai kombinasi pada menu sehari-hari seperti dalam campuran smoothies atau oatmeal. Lalu sebenarnya seperti apa dan berapa banyak pengaruhnya bagi pasien diabetes?

 

Manfaat chia seed sebagai obat diabetes herbal

Yang pertama harus diketahui adalah kandungan apa saja yang terdapat dalam biji-biji kecil ini? Chia seed sendiri mengandung beragam nutrisi penting seperti antioksidan, asam lemak omega 3, serat dan magnesium yang berpengaruh besar terhadap kenaikan gula darah. Untuk lebih spesifiknya, setiap 30 gram chia seed terdapat 10 gram serat yang bisa memenuhi separuh kebutuhan serat manusia. Serat inilah yang membantu pasien diabetes mengurangi berat badan, kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar.

Penelitian telah mendukung penggunaan chia seed sebagai obat diabetes herbal karena setelah diuji chia seed dapat meningkatkan toleransi glukosa dan insulin yang kerap jadi masalah bagi pasien diabetes tipe 2. Chia seed aman bagi pasien diabetes karena rendah kalori, gluten-free dan mudah dicerna. Mudah sekali dikombinasikan di berbagai menu sehat untuk sarapan atau makan siang.

Manfaat chia seed untuk menurunkan berat badan

Dalam sebuah penelitian di tahun 2017 menunjukan bagaimana pasien diabetes tipe 2 yang kelebihan berat badan diberi chia seed secara rutin dalam menu dietnya. Setelah enam bulan melakukan diet dengan chia seed pasien mengalami penurunan berat badan cukup signifikan dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi chia seed.

Chia seed dapat diolah dengan cara dijadikan tambahan dalam salad untuk membuatnya lebih berserat, menjadikannya tambahan dalam dessert atau bisa dibuat menjadi minuman. Cara membuat rendaman chia seed adalah dengan merendam chia seed 20-30 menit dalam segelas air lalu campurkan bersama buah-buahan untuk memberi rasa.

Chia seed sangat mudah diolah dan ditemukan. Tidak perlu menggunakan banyak untuk mendapatkan manfaat yang diinginkan.

 

Baca juga: OBAT DIABETES HERBAL DALAM BENTUK TEH MENURUT AHLI