OBAT DIABETES HERBAL DALAM BENTUK TEH MENURUT AHLI

Diabetes dan obat herbal diabetes

Dalam berbagai kasus diabetes tidak hanya membutuhkan obat untuk mengendalikan gula darah dengan aman, baik itu dengan herbal atau bukan. Untuk mengendalikan diabetes dengan aman diperlukan kombinasi dari olahraga dan makanan sehat. Nah, salah satu yang sudah cukup sering dibahas adalah kehadiran teh sebagai superdrink untuk menjaga kondisi kesehatan pasien. Teh bisa merupakan obat diabetes herbal atau bagian dari menu diet yang banyak diresepkan dokter. Apa yang membuat teh efektif sebagai obat diabetes herbal? Teh mengandung theanine atau semacam asam amino yang mengendalikan tekanan darah dan menurunkan kadar stress seseorang. Teh juga membantu tubuh untuk lebih sensitif terhadap insulin.

 

Teh sebagai obat diabetes herbal

Diabetes kebanyakan disebabkan oleh dua hal yaitu ketika hormone stress meningkat dan tubuh yang tidak sensitif terhadap insulin. Stress dapat menyebabkan kenaikan gula darah, jadi kunci untuk menurunkan gula darah adalah menurunkan kadar stress seseorang. Begitu juga ketika tubuh tidak bereaksi semestinya terhadap insulin. Ketika tubuh bisa lebih sensitif terhadap insulin maka tubuh juga bisa memanfaatkan gula dari karbohidrat yang masuk menjadi energi.

Manfaat dari teh sendiri bukan hanya semata karena bisa menurunkan kadar stress dan meningkatkan sensitifitas insulin, tetapi lebih dari itu, teh bisa mengurangi resiko kanker yang berhubungan dengan diabetes tipe 2 seperti kanker pankreas, kanker hati, dan endometrial cancer.

Namun dari sekian banyak teh yang paling bermanfaat adalah black tea dan green tea yang diseduh murni, tanpa campuran susu, gula dan bahan lainnya. Menurut para ahli bahkan teh terbaik sebagai minuman kesehatan adalah yang tidak mengandung herbal tambahan. Lalu apa teh yang paling baik untuk dikonsumsi?

Black tea dan green tea

Kedua teh ini berasal dari tanaman yang sama yaitu Camellia sinensis namun diproses dengan cara yang berbeda. Black tea dikeringkan dengan cara dijemur matahari dan merupakan teh yang paling teroksidasi. Sementara green tea diproses tanpa pengeringan matahari dan proses oksidasi seperti black tea.

Setiap pagi konsumsilah secangkir teh baik itu black tea atau green tea untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh. Stress dan tekanan darah tinggi berpengaruh terhadap kondisi kesehatan jantung. Penyakit jantung merupakan komplikasi paling umum dari diabetes tipe 2 dan sebenarnya bisa dikurangi resikonya dengan olahraga, diet sehat serta salah satunya adalah perbanyak konsumsi black tea dan green tea.

 

Baca juga: OBAT DIABETES HERBAL DARI JAHE DAN GREEN TEA