CIRI-CIRI KADAR GULA DARAH TINGGI YANG HARUS DIWASPADAI

Diabetes adalah penyakit yang harus segera disadari terutama ketika ciri-ciri kadar gula darah tinggi pertama muncul pada tubuh. Tentu saja ini tidak untuk menyebabkan kepanikan, tetapi lebih sebagai bentuk waspada terhadap kemungkinan terburuk. Ada beberapa ciri-ciri yang sebaiknya diwaspadai sebagai ciri-ciri kadar gula darah tinggi.

Selain mengenali ciri-cirinya, ada baiknya juga membahas bentuk-bentuk pencegahan dan resiko komplikasinya.

 

Ciri-ciri kadar gula darah tinggi

Ada beberapa ciri-ciri yang harus dikenali dari penyakit diabetes atau ketika kadar gula darah tinggi. Jika merasakan tanda seperti ini mungkin bisa segera mencoba pergi ke dokter untuk berkonsultasi.

Berikut adalah ciri-ciri penyakit diabetes yang sebaiknya diwaspadai:

Sering merasa lapar. Tidak hanya sering sebenarnya, tetapi hampir seperti selalu merasa lapar. Setiap kali makan, tidak berapa lama kemudian merasa lapar. Mungkin ini adalah salah satu gejala awal yang kurang mendapat perhatian. Gejala ini mungkin bisa diikuti dengan gejala lainnya.

Orang dengan gejala awal diabetes biasanya juga akan mengalami penurunan berat badan secara drastis yang tidak bisa dijelaskan alasannya. Biasanya orang mengalami penurunan berat badan akibat stress, sakit, kurang makan atau alasan lain. Pasien diabetes rata-rata merasa cukup makan tetapi berat badannya terus saja turun tanpa alasan yang jelas.

Tangan dan kaki yang sering tiba-tiba mati rasa atau seperti kesemutan dan berkedut. Perasaan ini bisa dijadikan alarm untuk segera pergi konsultasi dengan dokter.

Hal-hal lain yang biasanya menjadi penanda bahwa gula darah mulai tinggi adalah seringnya tubuh merasa haus dan ingin minum, lalu buang air kecil juga akan jadi lebih sering dari biasanya. Ciri lainnya adalah gangguan masalah seksual dan rasa selalu lelah yang cukup parah. Segera lakukan pengecekan gula darah atau hubungi dokter untuk konsultasi jika merasakan gejala ini.

Pencegahan

Ada berbagai macam pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari diabetes. Namun yang paling penting adalah: olahraga teratur, makan makanan sehat (perbanyak protein, buah dan sayuran), kendalikan jumlah asupan makanan cepat saji dan gula, hindari alkohol dan rutin kunjungi dokter untuk mengonsultasikan kondisi kesehatan.

 

Baca juga: MENCEGAH GULA DARAH TINGGI DENGAN MENJAGA BERAT BADAN