CARA MENURUNKAN GULA DARAH LEWAT MAKANAN SEHAT

Ternyata cara menurunkan gula darah tidak harus selalu dengan obat, tapi yang paling utama adalah dengan mengatur pola makan dan memakan makanan yang memang bisa membantu mengendalikan gula darah. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan mengonsumsi makanan sebagai salah satu cara menurunkan gula darah.

 

Diet untuk diabetes

Cara menurunkan gula darah yang paling efektif adalah dengan menerapkan diet ketat namun teratur dan tentu saja aman bagi tubuh. Tubuh tetap membutuhkan nutrisi seimbang dari bahan makanan yang menyehatkan. Diet berfungsi untuk mengurangi berat badan, mengembalikan resistensi insulin, dan mencegah diabetes semakin parah atau setidaknya mengendalikan kondisi kesehatan.

Lalu bagaimana diet yang sehat dan efektif tersebut?

Dalam satu piring karbohidrat harus kurang dari 30%. Jumlah karbohidrat memang yang harus paling dibatasi. Jika ingin mengonsumsi karbohidrat, pilihlah karbohidrat dengan kandungan serat tinggi. Kurangi jumlah karbohidrat yang berasal dari tepung putih, tepung-tepungan lainnya, kentang dan gula.

30% piring harus terisi dari protein. Namun tidak semua protein. Perbanyak protein yang berasal dari ikan dan ayam, lalu kurangi daging merah.

40% isi boleh diberi tambahan lemak sehat. Lemak sehat berasal dari mana? Bisa didapat dari minyak zaitun misalnya.

Nah, setelah itu perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran. Memang lebih dari separuh piring sebaiknya diisi dengan sayuran. Sayuran memiliki jumlah kalori rendah, vitamin dan mineral tinggi, namun dengan kandungan karbohidrat tinggi. Kehadiran sayuran justru membuat perut kenyang lebih lama.

Cara menurunkan gula darah

Setelah makan tubuh secara otomatis akan mengalami kenaikan gula darah lalu perlahan-lahan mulai turun lagi. Idealnya adalah gula naik secara perlahan baru kemudian turun lagi untuk kembali ke gula darah normal. Namun pada pasien diabetes, gula darah akan naik secara drastis setelah makan besar. Lalu apa yang harus dilakukan?

Perbanyaklah mengonsumsi protein. Ikan, ayam, kacang-kacangan, telur, kacang hijau, dan tahu. Selalu sertakan protein dalam makanan membantu menjaga kestabilan gula darah setelah makan.

Salah satu hal yang sering dilupakan adalah magnesium. Mineral penting satu ini ternyata berperan besar dalam mengatur ulang kadar gula darah dalam tubuh sekaligus tekanan darah. Darimanakah magnesium tersebut didapatkan?

Sumber magnesium terbaik berasal dari sayuran berdaun hijau, gandum utuh, ikan, bubuk cokelat, pisang, alpukat dan kacang hijau.

Orang-orang yang menerapkan sistem diet dengan magnesium tinggi dan yang tidak ternyata memiliki perbedaan cukup besar. Mereka yang mengonsumsi makanan ber-magnesium tinggi memiliki resiko 47% lebih rendah mengalami diabetes dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi makanan ber-magnesium.

Tips untuk menjaga agar gula darah tetap stabil setelah makan adalah dengan meminum dua sendok makan cuka apel sebelum makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi atau gula tinggi. Kandungan dalam cuka apel akan membantu menurunkan kadar gula darah.

Nah, itu tadi tips dan cara bagaimana cara menurunkan gula darah tinggi dengan diet dan pengaturan pola makan yang tepat.

 

Baca juga: CIRI-CIRI KADAR GULA DARAH TINGGI YANG HARUS DIWASPADAI