OBAT DIABETES HERBAL YANG TELAH TERBUKTI ILMIAH

Bumbu dapur memang paling sering digunakan sebagai penyedap rasa tapi dalam bumbu dapur ada bonus khusus sebagai obat diabetes herbal yang ternyata telah dibuktikan secara ilmiah. Penggunaan berbagai bumbu dapur sebagai obat herbal telah banyak dipilih sebagai alternative pengobatan berbagai jenis penyakit termasuk diabetes. Karena banyaknya orang yang telah memanfaatkan keberadaan bumbu dapur sebagai obat diabetes herbal akhirnya suplemen dengan berbagai jenis herbal yang umum ada di dapur semakin banyak jumlahnya.

Para penelitian juga semakin hari semakin tertarik untuk menguji berbagai jenis herbal dan rempah-rempah populer untuk menemukan khasiatnya dalam membantu pasien diabetes mengendalikan gula darah. Mereka mencoba membuat penelitian yang melibatkan 20 orang dengan diabetes tipe 2. Selama 30 hari mereka mengonsumsi suplemen dengan campuran obat diabetes herbal. Suplemen tersebut terdiri dari jahe, bawang, cengkeh, serai, ketumbar, sampai daun basil. Hasilnya ternyata para peserta ini menunjukan tanda-tanda penurunan pada kadar gula darah puasanya, penurunan pada kadar glukosa 2 jam setelah makan, mengurangi total kolesterol dan mengurangi kolesterol jahat.

Dengan hasil penelitian yang meyakinkan ini maka banyak orang kemudian beralih pada obat diabetes herbal sebagai alternative pengobatan diabetes yang minim resiko. Berikut adalah sedikit rempah-rempah herbal yang secara ilmiah telah terbukti bermanfaat untuk pasien diabetes.

 

Obat diabetes herbal bunga lawang/ star anise

Suplemen yang mengandung 5 gram star anise perhari menunjukan kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah puasa sebanyak 36% pada pasien yang telah memiliki diabetes. Selain gula darah yang semakin membaik, kadar kolesterol dan bahan-bahan oxidative juga mengalami penurunan setelah 60 hari.

Dalam penelitian yang dilakukan pada beberapa binatang, penggunaan bunga lawang akan mengatasi masalah penumpukan lemak pada liver, penyakit yang biasa terjadi akibat obesitas dan A1c yang tidak terkendali. Dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung bubuk bunga lawang maka kadar kolesterol, LDL dan beberapa sumber penyebab inflamasi bisa turun secara siginifikan.

Jinten/ cumin

Kadar gula darah yang tinggi akan menyebabkan pembentukan Advance Glycation Endproduct (AGEs) yang bisa berakibat pada disfungsi sel dan beberapa penyakit dalam. Lalu jinten mengandung beberapa komponen seperti phytoestrogen dan komponen yang seperti insulin lainnya, komponen inilah yang akan membantu mengurangi AGEs.

Hasil penelitian yang dilakukan terhadap 400 pasien diabetes tipe 2 menunjukan bahwa jinten sangat berguna untuk mengurangi berat badan dan gula darah puasa pasien.

Sedangkan penelitian yang dilakukan baru-baru ini menunjukan bahwa 75mg suplemen yang mengandung jinten bisa membawa perubahan pada orang-orang prediabetes. Mereka yang sudah mengonsumsi suplemen dengan jinten menunjukan penurunan terhadap kadar kolesterolnya.

 

Baca juga: OBAT DIABETES DALAM BENTUK MINUMAN MENYEHATKAN