OBAT DIABETES HERBAL UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT MATA

Meskipun obat herbal yang diresepkan untuk pasien diabetes berguna agar bisa menurunkan kadar gula darah, tapi saat ini telah banyak membantu pasien diabetes mengurangi komplikasi. Seperti disebutkan sebelumnya, komplikasi pada mata adalah salah satu yang paling sering terjadi pada pasien diabetes dan kondisi ini bisa sangat berbahaya. Penggunaan obat diabetes dalam bentuk herbal membantu pasien untuk menjaga gula darah tetap stabil yang akhirnya juga akan berimbas pada penurunan resiko komplikasi tanpa efek samping.

Nah, kali ini akan dibahas tentang apa yang terjadi pada mata pasien dengan diabetes retinopathy.

 

Mata pasien diabetes retinopathy

Diabetes bisa dikendalikan dengan beberapa hal seperti konsumsi obat rutin termasuk obat berbahan herbal, diet sehat dan olahraga teratur. Mengatur gula darah adalah kunci meminimalkan komplikasi karena kadar gula darah tinggi dalam waktu lama dapat merusak pembuluh darah di mata. Pembuluh darah yang rusak ini lama kelamaan akan mengganggu pengelihatan hingga menyebabkan kebutaan.

Gula darah tinggi juga bisa menyebabkan pembentukan katarak pada mata. Katarak ini juga nantinya dapat menimbulkan kebutaan jika tidak segera diatasi dengan cara dioperasi.

Dengan kondisi gula darah tinggi yang terus-menerus tinggi maka akan mengakibatkan pembuluh darah kecil di mata perlahan-lahan mulai mengalami kebocoran. Tidak hanya pembuluh darah kecil saja yang akan mengalami kebocoran, pembuluh darah baru juga bisa mengalami kebocoran dan menyebabkan hemorrhages dan kerusakan pada retina. Kebocoran pembuluh ini yang menyebabkan mata kekurangan asupan oksigan. Masalah mata dan kehilangan pengelihatan ini yang disebabkan oleh kekurangan oksigen dalam darah.

Obat diabetes herbal sesuai jenis kerusakannya

Ada dua kondisi komplikasi akibat diabetes pada pasien yaitu diabetes retinopathy dan katarak. Dua kondisi kesehatan ini tentu saja berbeda dan harus ditangani dengan cara yang berbeda pula.

Diabetes retinopathy adalah kondisi paling umum dari penyakit yang dialami pasien diabetes. Meskipun sebenarnya mungkin juga dialami orang tanpa diabetes, tapi mereka yang memiliki diabetes biasanya beresiko lebih tinggi. Kondisi ini disebabkan oleh kadar gula darah tinggi yang berlangsung lama dan tidak dikendalikan dengan benar.

Ada 4 tahapan dalam kondisi retinopathy ini yaitu diawali dengan microaneurysm yang akan terus terjadi hingga menyerang pembuluh darah baru di permukaan retina. Banyaknya pembuluh darah yang mengalami kebocoran menyebabkan retina mengeluarkan cairan dan berujung pada pandangan yang mulai buram hingga kebutaan.

Kondisi lain ada katarak. Katarak adalah kondisi dimana mata seseorang tertutup selaput putih seperti kabut yang akan menghalangi cahaya masuk. Tentu saja ini menyebabkan pandangan jadi kabur dan pasien jadi susah melihat.

Kadang kali kondisi ini disebabkan justru oleh usia pasien, tetapi pasien dengan diabetes biasanya mengalami katarak di usia yang relatif muda. Kondisi ini bisa berbeda-beda penangannya tergantung seberapa parah selaput yang menutupi mata tersebut. Semakin parah maka dibutuhkan operasi untuk mengangkat lapisan putih tersebut.

Saat ini sudah banyak obat diabetes yang bisa membantu pasien untuk mengatasi gula darah tinggi dalam waktu lama. Gula darah menjadi lebih stabil dan kondisi kesehatan organ tubuh jadi lebih terjaga. Obat diabetes berbahan herbal merupakan pilihan terbaik karena bisa meminimalkan resiko komplikasi lain akibat penumpukan zat kimia.

 

Baca juga: OBAT DIABETES MENCEGAH MASALAH PADA MATA