OBAT DIABETES MENCEGAH MASALAH PADA MATA

Pentingnya konsumsi obat secara rutin bagi pasien diabetes salah satunya adalah karena dapat mencegah berbagai komplikasi yang bisa berbahaya bagi kesehatan. Salah satu komplikasi yang bisa terjadi pada pasien diabetes adalah komplikasi pada mata. Mata menjadi rentan mengalami komplikasi akibat penyakit gula karena mata memiliki banyak syaraf dan pembuluh darah yang dapat tersumbat akibat gula darah tinggi. Obat diabetes yang dikonsumsi untuk menjaga kestabilan gula darah, disertai diet dan olahraga bisa mencegah terjadinya kerusak pada mata karena diabetes. Lalu sebenarnya seberapa berbahayakah komplikasi mata akibat diabetes ini?

 

Tentang diabetes mata

Mulai dulu tentang bagaimana memahami diabetes mata atau diabetes retinopathy. Kondisi diabetes retinopathy merupakan 1 dari sekian banyak komplikasi yang hampir pasti dialami oleh pasien diabetes. Sebuah penghitungan yang dilakukan di Amerika mencatat bahwa ada 26 juta orang Amerika yang menderita diabetes dan 27% di antaranya bahkan tidak menyadari dirinya mengalami diabetes. Apa yang terjadi jika pasien sendiri tidak sadar dirinya memiliki diabetes?

Orang-orang yang memiliki diabetes dan tidak menyadari hal tersebut tentu tidak mendapatkan asupan obat diabetes yang sesuai, tidak melakukan diet untuk mengontrol gula darahnya dan tidak berolahraga sesuai kebutuhan. Akibatnya kondisi tersebut jadi tidak terkendali dan berimbas pada meningkatnya resiko pasien mengalami diabetes retinopathy.

Penelitian yang sama juga menunjukan bahwa ada 4.4 juta orang di Amerika yang mengalami diabetes retinopathy. Dampak lanjutan dari diabetes retinopathy adalah dapat meningkatkan resiko katarak. Orang-orang dengan diabetes 60% di antaranya ternyata memiliki katarak. Katarak yang tidak segera diatasi akan menyebabkan katarak. Di Amerika sendiri diabetes memang penyebab terbesar terjadinya kebutaan.

Sebelum obat diabetes, ketahui lebih banyak tentang retinopathy

Kondisi diabetes yang mulai menyerang mata biasanya tidak menunjukan tanda-tanda tertentu terlebih dahulu. Ini yang menyebabkan kebanyakan orang melewatkan masa-masa terbaik untuk peyembuhan dan baru menyadarinya setelah terlambat. Padahal pengenalan dini adalah kunci untuk mencegah kerusakan permanen.

Meskipun awalnya tidak menunjukan gejala yang berarti, perlahan-lahan gejala tersebut akan semakin meningkat dan tanda-tanda kerusakannya mulai terlihat. Jika gejala-gejala awal ini mulai terlihat cobalah untuk melakukan pemeriksaan mata ke dokter ahli untuk memastikan.

Pasien diabetes sangat diharapkan untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter terutama dokter mata paling tidak setahun sekali. Pemeriksaan mata membantu pasien untuk mendeteksi dini kondisi yang tidak biasa pada mata sebelum menjadi sakit permanen. Dengan pemeriksaan rutin pasien dapat menerima obat diabetes, rancangan diet sehat dan metode olahraga yang bisa membantu pengobatan.

Catatan penting adalah bagi wanita hamil dengan diabetes, maka sebaiknya mengunjungi dokter mata sesegera mungkin.

 

Baca juga: OBAT DIABETES DAN YANG DILAKUKAN MENANGANI DIABETES