OBAT DIABETES BERFUNGSI UNTUK MENCEGAH RETINOPATHY

Obat diabetes dan retinopathy

Jadi retinopathy adalah salah satu dari berbagai macam komplikasi yang bisa terjadi pada pasien diabetes ketika tidak mendapatkan asupan obat sesuai kebutuhan, makanan sehat dan diimbangi dengan olahraga teratur setiap hari. Sebenarnya ada banyak lagi bentuk pencegahan dari diabetes retinopathy ini, tapi sebelum mulai membicarakan bentuk pencegahan dan penanganannya, ada baiknya untuk tahu lebih banyak lagi tentang retinopathy.

 

Retinopathy

Seperti disebutkan sebelumnya, retinopathy merupakan bentuk komplikasi paling umum dari diabetes dan menyerang bagian belakang mata atau bagian retina mata. Kenapa ini bisa terjadi? Hal ini terjadi akibat kadar gula darah tinggi dalam tubuh yang telah berlangsung sangat lama. Jika tidak segera mendapat penanganan dengan obat yang tepat atau penanganan untuk masalah yang terjadi pada mata, maka retinopathy bisa menyebabkan kebutaan. Retinopathy adalah penyebab terbesar dari kebutaan pada orang dewasa di Amerika.

Penyebab retinopathy

Kondisi diabetes retinopathy sebagai hasil dari kadar glukosa yang tinggi dan dalam jangka waktu panjang. Seiring berjalannya waktu, kadar gula darah tinggi bisa melemahkan dan merusak jaringan pada pembuluh darah kecil pada permukaan retina. Kerusakan pada pembuluh darah di mata ini akan menyebabkan berbagai masalah mata yang berat. Beberapa tipe retinopathy yang harus dikenali di antaranya adalah:

Background retinopathy adalah salah satu tipe retinopathy yang harus diketahui. Kondisi ini terjadi karena ada pembengkakan kecil pada dinding pembuluh darah kecil di permukaan retina. Akibatnya pandangan mata seseorang akan terganggu oleh titik kecil yang terbentuk pada retina. Background retinopathy perlu diperhatikan karena ini adalah kondisi awal komplikasi diabetes yang bisa merembet ke hal yang lebih parah jika tidak mendapat obat segera.

Ketika pasien diabetes dengan background retinopathy tidak segera menerima obat untuk mengatasi masalahnya maka titik yang semula kecil akan semakin membesar dan menjadi lingkaran kecil yang mengganggu. Kondisi ini dikenal dengan diabetes maculopathy.

Selanjutnya kondisi diabetes maculopathy yang juga tidak segera menerima penangan atau obat yang tepat bisa menjalar menjadi proliferative retinopathy. Ketika sudah mencapai tahap ini pasien butuh bantuan dokter mata professional untuk mengatasinya.

Obat diabetes diresepkan untuk membantu mencegah retinopathy, bukan untuk menyembuhkan kondisi ini. Retinopathy terjadi akibat gula darah tinggi dalam waktu lama, maka penting bagi pasien diabetes untuk mengonsumsi obat yang membantu menjaga gula darah tetap stabil, makanan sehat dan olahraga.

 

Baca juga: OBAT DIABETES HERBAL UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT MATA