OBAT DIABETES HERBAL UNTUK GULA DARAH DI PAGI HARI

Kebutuhan obat diabetes terutama yang berbahan dasar herbal semakin banyak dicari dan dibutuhkan karena jumlah pasien dengan diabetes tipe 2 juga semakin tinggi. Untuk mengendalikan gula darah memang salah satunya dengan menggunakan obat dan karena tidak ingin mengambil terlalu banyak resiko mengonsumsi obat berbahan kimia, kebanyakan orang kemudian mengonsumsi obat herbal. Kondisi gula darah pasien diabetes bisa naik turun tidak terduga dan salah satunya adalah gula darah yang mendadak tinggi setiap bangun pagi.

Gula darah tinggi di pagi hari menjadi sebuah kondisi yang normal bagi pasien diabetes tipe 2 meskipun awalnya pasti mengejutkan. Kenapa mengejutkan? Karena di awal-awal mengalami diabetes semua orang pasti berpikir bahwa metode pengobatan dan obat diabetes yang dikonsumsi, baik herbal atau bukan, bisa menjaga gula darah selalu di angka normal. Namun jangan cemas dulu, gula darah yang tiba-tiba tinggi di pagi hari adalah hal yang normal. Kenapa begitu?

 

Gula darah tinggi di pagi hari

Gula darah pasien diabetes mendadak tinggi di pagi hari karena adanya perubahan pada hormone dan sistem metabolisme pada tubuh pasien dengan diabetes tipe 2.

Ketika sedang tidur atau sedang tidak makan apapun (puasa) organ-organ di dalam tubuh tetap membutuhkan sumber tenaga agar bisa terus berfungsi. Tubuh akan mencari cara lain untuk memproduksi glukosa selain dari sumber makanan. Maka normal saja ketika di pagi hari gula darah mendadak jadi tinggi. Kondisi gula darah yang tinggi ini bisa juga dipengaruhi oleh diet, stress, penyakit dan lain-lain.

Meskipun pasien diabetes tipe 2 sudah menjaga gula darahnya sestabil mungkin sepanjang hari, kadar gula darah tinggi di pagi hari tetap akan jadi masalah. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa cara yang bisa dimanfaatkan termasuk salah satunya adalah dengan menggunakan obat diabetes baik herbal atau non-herbal dan olahraga teratur.

Mengendalikan gula darah dengan obat diabetes herbal

Cuka apel adalah salah satu resep obat diabetes yang paling banyak disarankan meskipun bukan berbahan herbal tetapi karena tidak menggunakan bahan kimia bisa banyak dipertimbangkan. Cobalah untuk mengonsumsi 1 sendok makan cuka apel sebelum tidur supaya gula darah di pagi hari bisa lebih terkendali. Ada juga yang menyarankan untuk menggunakan suplemen dari berberine. Namun yang paling penting adalah jangan lupa olahraga dengan teratur.

Menjaga gula darah tetap stabil memang sangat diperlukan bagi pasien diabetes dan jika kadar A1c pasien tercatat normal tetapi setiap pagi gula darah mendadak lebih tinggi dari biasanya, maka hal tersebut tidak perlu dicemaskan. Resiko komplikasi hanya akan terjadi jika masa-masa gula darah tinggi lebih lama dibandingkan ketika gula darah normal.

 

Baca juga: MEMAHAMI OBAT DIABETES, GLUKOSA DAN GULA DARAH