OBAT DIABETES HERBAL PALING BANYAK DIMANFAATKAN

Manfaat obat diabetes herbal

Kebutuhan obat diabetes herbal semakin banyak dicari seiring semakin inginnya orang-orang untuk beralih ke herbal yang lebih aman dari obat berbahan kimia. Penggunaan obat diabetes herbal biasanya berfokus pada penggunaan rempah-rempah atau bumbu yang bisa mengendalikan gula darah dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Beberapa resep obat diabetes herbal bahkan telah digunakan sejak jaman dahulu yang kemudian disempurnakan oleh teknologi dan ilmu pengetahuan modern. Artikel ini akan membahas bahan-bahan herbal yang telah banyak digunakan sejak lama sebagai obat diabetes.

 

Pare sebagai obat diabetes herbal

Pare atau bitter melon atau Momordica charantia adalah salah satu bahan herbal yang telah lama digunakan sebagai obat diabetes dan diolah secara tradisional sebagai makanan. Kemampuan pare dalam menurunkan kadar gula darah telah diakui selama berabad-abad dan sekarang semakin mudah dikonsumsi karena banyak diolah sebagai suplemen.

Apa saja bahan yang menyebabkan pare sangat bermanfaat?

Yang pertama adalah charantin. Charantin adalah bahan aktif dalam pare yang bisa sangat efektif dalam mengendalikan masalah hypoglikemik. Manfaat charantin setara dengan berbagai obat hypoglikemik lain namun tentu saja dengan resiko yang lebih kecil karena berbahan dasar herbal.

Yang kedua adalah momordica. Momordica sendiri merupakan bahan aktif yang berperan sebagai insulin untuk menurunkan kadar glukosa. Namun karena kemampuannya menurunkan gula darah cukup besar, maka penggunaan suplemen herbal dari pare sendiri harus dalam pengawasan dokter untuk melihat efeknya pada tubuh.

Gymnema Sylvestre

Sejak bertahun-tahun lamanya daun Gymnema sylvestre digunakan sebagai obat diabetes herbal dan disebut sebagai “sugar killer”. Mengapa demikian? Karena Gymnema sylvestre membantu menekan keinginan mengonsumsi gula. Pada pasien diabetes tipe 2 Gymnema sylvestre akan mendorong pankreas memproduksi lebih banyak insulin dan pada pasien diabetes tipe 1 membantu membuat tubuh lebih sensitif terhadap insulin.

Gymnema sylvestre bisa digunakan sebagai salah satu obat diabetes yang aman karena berbahan alami dan beberapa pasien bahkan menghentikan konsumsi obat lain setelah menggunakan suplemen ini. Tetapi tentu saja penggunaannya harus sesuai dengan anjuran dan persetujuan dokter.

Ginseng

Salah satu herbal yang bisa digunakan sebagai obat meskipun langka ditemukan di Indonesia. Dengan konsumsi ginseng pasien diabetes akan mendapat banyak manfaat penting seperti kontrol gula darah, pengeluaran insulin yang lebih baik, jumlah sel penerima insulin yang juga bertambah banyak dan peningkatan energi. Manfaat lainnya adalah ginseng telah banyak diteliti dan ditemukan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kerja sistem kardiovaskular dan melindungi pembuluh darah. Perlu diingat kembali bahwa pasien diabetes sangat riskan terhadap kemungkinan komplikasi pada jantung dan pembuluh darah. Ginseng bisa sangat berguna untuk melindungi keduanya.

Goldenseal

Goldenseal (Hydrastis canadensis) mungkin jarang terdengar di Indonesia, tetapi ternyata telah dimanfaatkan sejak lama sebagai obat diabetes. Kekuatannya untuk menurunkan kadar gula darah juga sangat tinggi meskipun tidak secepat pare. Karena goldenseal juga memiliki kandungan insulin, efeknya dalam menurunkan gula darah tidak terlalu membahayakan tubuh. Goldenseal biasa digunakan sebagai obat yang diminum sebelum makan sehingga meningkatkan toleransi glukosa pada tubuh.

Daftar obat dari bahan herbal selalu sangat panjang dan akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Manfaat berbagai bahan herbal memang lebih aman bagi tubuh jika dibandingkan obat berbahan kimia.

 

Baca juga: OBAT DIABETES BEKERJA LEBIH BAIK DENGAN TIDUR CUKUP