OBAT DIABETES HERBAL DALAM PENCEGAHAN DIABETES TIPE 2

Menggunakan obat diabetes herbal mungkin bisa jadi salah satu pencegahan bagi pasien diabetes tipe 2 dari kemungkinan komplikasi yang berbahaya. Namun tentu saja meskipun herbal jangan sembarangan untuk mengonsumsi obat diabetes, harus dengan persetujuan dokter ahli dan melalui pemeriksaan menyeluruh. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami diabetes tipe 2 dan dengan melihat kembali faktor-faktor tersebut maka seseorang bisa segera melakukan pemeriksaan untuk melakukan tindakan pencegahan.

Lalu apa saja yang menjadi faktor resiko seseorang bisa mengalami diabetes tipe 2? Dan bagaimana bentuk pencegahan yang tepat?

 

Orang-orang dengan resiko diabetes

Yang pertama faktor resiko terbesar dimiliki oleh mereka yang memiliki riwayat diabetes dalam keluarganya. Orangtua, saudara atau setiap orang yang masih memiliki hubungan darah dan memiliki diabetes bisa meningkatkan resiko seseorang terkena diabetes.

Selanjutnya adalah berat badan berlebihan atau obesitas. Berat badan berlebihan memang meningkatkan resiko diabetes tipe 2. Tidak hanya diabetes saja, obesitas bisa memicu segala macam penyakit lain yang membahayakan tubuh.

Kondisi genetik seseorang ternyata juga berperan dalam resiko diabetes tipe 2. Untuk mereka yang memiliki gen Afrika-Amerika, Amerika-Indian, Asia-Amerika, Pasifik, hingga Amerika-Latin ternyata memiliki resiko lebih besar terkena diabetes tipe 2. Namun untuk mereka yang tidak berasal dari ras tersebut bukan tidak mungkin juga mengalami diabetes. Setiap orang yang tidak memperhatikan gaya hidupnya bisa terkena diabetes tipe 2.

Bayi yang lahir dengan ibu yang mengalami diabetes gestasional dan bayi yang lahir dengan berat lebih dari 9 pound juga beresiko dengan diabetes tipe 2. Maka dari itu penting bagi ibu untuk selalu memperhatikan kondisi kesehatannya selama masa kehamilan.

Perhatikan juga jika selama beberapa hari dalam seminggu tidak pernah aktif berkegiatan. Luangkan waktu untuk berolahraga paling tidak 3 kali dalam seminggu demi menjaga agar tubuh bisa memproses glukosa dalam tubuh menjadi energi sehari-hari.

Lakukan pemeriksaan rutin, jika memiliki tekanan darah tinggi lebih dari 140/90 dan kadar HDL kurang dari 35 atau trigliserida di atas 250, maka bisa dipastikan bahwa resiko diabetes juga akan meningkat.

Obat diabetes herbal untuk pencegahan

Diabetes tidak dapat disembuhkan meskipun dengan obat diabetes, tetapi dapat dicegah dan diperlambat perkembangannya dengan beberapa cara:

Selalu bergerak aktif adalah kunci utama menjauhkan diri dari diabetes tipe 2. Aktifitas fisik rutin akan menjaga kadar gula darah, LDL atau kolesterol jahat, dan trigliserida berada dalam batas amannya. Dengan selalu melakukan aktifitas fisik secara rutin juga akan menurunkan resiko pasien dengan pra-diabetes, diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke hingga meredakan stress. Bagi organ dalam tubuh aktifitas fisik berfungsi untuk menguatkan otot, jantung, dan tulang, meringankan kerja persendian, dan meningkatkan sirkulasi darah.

Setelah aktiftas fisik, jangan lupa untuk mengatur pola makan. Tidak hanya diabetes, mengatur pola makan akan sangat berpengaruh untuk kesehatan jantung. Apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih makanan bagi pasien diabetes? Mulai dengan mengganti beras putih menjadi biji-bijian dari gandum utuh, hindari soda, kurangi jumlah lemak jenuh dan lemak trans serta jumlah daging merah yang dikonsumsi. Makanan ini yang akan sangat berpengaruh terhadap kondisi gula darah sama seperti obat diabetes herbal yang biasanya juga berasal dari bahan makanan alami. Gunakan berbagai bahan herbal sebagai pengganti obat berbahan kimia.

Lakukan olahraga dan diet sehat juga berfungsi untuk menjaga berat badan. Menurunkan berat badan meskipun sedikit bisa menurunkan resiko seseorang dari diabetes.

 

Baca juga: OBAT DIABETES DAN DIABETES DALAM STATISTIK ANGKA