OBAT DIABETES DAN DIABETES DALAM STATISTIK ANGKA

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang berbahaya yang tidak hanya membutuhkan obat untuk mengatasinya tapi juga berbagai metode pengobatan berkaitan dengan pola makan dan aktifitas fisik. Kali ini akan diberikan sedikit hasil penelitian yang pernah dilakukan di Amerika terhadap kondisi kesehatan masyarakatnya. Diabetes tipe 2 merupakan 95% kasus diabetes yang terjadi di Amerika dan sebaiknya ini bisa dijadikan tambahan pengetahuan tentang kasus diabetes di luar Indonesia.

Penyakit diabetes tipe 2 jarang disadari oleh beberapa orang karena kadang gejalanya tidak terlalu terlihat. Akibat sering terlambat disadari maka penanganannya juga sering kali terlambat dan berujung pada kemungkinan terjadinya komplikasi. Komplikasi paling umum dari diabetes adalah penyakit jantung, stroke, kebutaan, gagal ginjal hingga kemungkinan amputasi. Lalu seberapa parah sebenarnya kondisi yang diakibatkan dari diabetes tipe 2? Mulai dari jumlah pasien hingga seberapa besar pengeluaran untuk obat diabetes yang dikeluarkan di Amerika akan menggambarkan bahwa diabetes saat ini sudah menjadi kondisi kesehatan yang memprihatinkan.

 

Diabetes dalam angka

Di Amerika Serika sendiri sekitar 25.8 juta anak-anak dan orang dewasa mengalami diabetes. Jumlah ini setara dengan 8.3% dari populasi keseluruhan masyarakat Amerika. Kondisi ini tentu memprihatinkan karena perubahan pola hidup yang serba instan semakin meningkatkan jumlah pasien diabetes dari hari ke hari. Tidak hanya orang dewasa saja yang memiliki resiko diabetes, saat ini anak-anakpun juga memiliki resiko diabetes yang sama besarnya.

18.8 juta kasus diabetes di Amerika telah terdiagnosis sementara 7 juta diantaranya tidak terdiagnosis dengan benar. Dengan tidak didiagnosis secara benar pasien akan terlambat mendapatkan metode pengobatan yang tepat. Metode pengobatan bagi pasien diabetes selalu melibatkan obat diabetes baik herbal atau kimia, diet dan olahraga. Metode pengobatan ini dimaksudkan bukan untuk menyembuhkan saja tetapi untuk menjaga kondisi badan pasien diabetes dan mengurangi resiko komplikasi.

Obat diabetes herbal sekarang juga banyak menyasar mereka yang mengalami pra-diabetes. Apa itu pra-diabetes? Pra-diabetes adalah kondisi ketika impaired glucose tolerance (IGT) atau impaired fasting glucose (IFG) hampir mendekati kondisi pasien diabetes tipe 2. Orang-orang dengan pra-diabetes memiliki kadar glukosa yang lebih tinggi dari gula darah normal namun belum bisa dikategorikan sebagai diabetes. Kadar gula darah puasa atau ketika pasien pra-diabetes tidak makan apa-apa adakah 101-125. 79 juta orang didiagonisis dengan pra-diabetes.

Ketika kondisi pra-diabetes bisa dideteksi lebih awal maka bisa lebih cepat mendapat penanganan termasuk obat diabetes yang bisa mengendalikan kondisi gula darah yang belum terlalu tinggi.

Seberapa besar biaya obat diabetes?

Diabetes berada di urutan ke-7 penyebab kematian terbesar di Amerika. Ini mungkin diakibatkan karena diabetes tipe 2 yang terlambat terdeteksi sehingga pasien tidak mendapat pengobatan tepat waktu. Komplikasi yang diakibatkan oleh diabetes tipe 2 bisa sangat berbahaya karena menyerang organ dalam dan menyebabkan beberapa organ berhenti berfungsi. Kegagalan organ dalam ini yang bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani sesegera mungkin.

Di Amerika sendiri biaya yang dikeluarkan untuk kasus-kasus diabetes tipe 2 bisa mencapai 174 miliar dollar. Biaya ini terdiri dari 116 miliar dollar untuk biaya pengobatan langsung dan 58 miliar dollar untuk biaya tidak langsung yang diakibatkan oleh diabetes seperti tunjangan disabilitas, tunjangan mereka yang kehilangan pekerjaan dan keguguran.

Biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan pasien diabetes di Amerika biasanya 2x lebih banyak dibanding orang-orang tanpa diabetes.

Kondisi yang terjadi di Amerika ini sebaiknya menjadi pelajaran bagi orang-orang di Indonesia. Dengan kehidupan yang serba cepat dan mudah, resiko seseorang mengalami diabetes juga semakin meningkat. Penting bagi orang-orang saat ini untuk mulai memperhatikan gaya hidup sehat dengan melakukan diet dan olahraga. Bagi mereka yang sudah didiagnosa dengan diabetes sebaiknya mengonsumsi obat diabetes sesuai anjuran dokter.

 

Baca juga: OBAT DIABETES BERFUNGSI UNTUK MENCEGAH RETINOPATHY