OBAT DIABETES DITENTUKAN DARI APA YANG DOKTER KETAHUI

Pasien diabetes harus lebih dulu melakukan konsultasi sebelum menentukan obat atau metode pengobatan apa yang paling tepat bagi pasien diabetes. Banyak hal yang bisa menentukan kondisi kesehatan pasien diabetes selain dengan obat. Dokter juga tidak hanya akan menyarankan konsumsi obat diabetes saja untuk menjaga kondisi pasien. Nah, beberapa hal berikut ini adalah sedikit hal yang akan disarankan oleh dokter agar dilakukan pasien diabetes untuk menjaga kondisi tubuhnya.

Mengingat kondisi tubuh pasien diabetes bisa berbeda-beda tergantung tipe diabetesnya dan gaya hidup yang dilakukan selama ini, maka ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terkait apa saja yang sebaiknya dilakukan oleh pasien.

 

Menghitung angka-angka

Ada banyak angka-angka yang sebaiknya diperhatikan oleh pasien diabetes selama masa pengobatan. Memang agak merepotkan tetapi mengetahui angka-angka pada pasien diabetes menentukan kondisi pasien secara lebih jelas sehingga dapat diberikan obat yang tepat. Selain itu angka-angka yang terpantau juga memperlihat bagaimana kondisi pasien diabetes untuk mencegah tanda-tanda munculnya komplikasi pada pasien diabetes.

Apa saja sih angka-angka yang harus diketahui pasien diabetes? Mulai dari A1c, BMI, tekanan darah, kolesterol dan fungsi ginjal.

Kadar gula darah

Setiap orang memiliki frekuensi pengecekan gula darah yang berbeda satu dengan lainnya tergantung pada gaya hidupnya sehari-hari, pilihan makanan serta olahraga. Memonitor gula darah bisa mempengaruhi perubahan pada dosis obat yang diberikan pada pasien.

Memperhatikan kondisi kaki

Sering kali dibahas bahwa kondisi kaki adalah bagian yang harus selalu diperhatikan oleh pasien diabetes. Kondisi gula darah yang terlalu tinggi dalam jangka waktu lama akan menurunkan fungsi syaraf perlahan-lahan. Dengan menurunnya fungsi syaraf pada kaki akan membuat seseorang berhenti merasakan luka atau goresan yang biasanya dirasakan orang normal. Setiap pagi sebaiknya memeriksa kondisi kaki untuk mendeteksi adanya luka lebih awal, termasuk bagian telapak kaki. Oleskan krim pelembab pada kaki setiap malam, selalu pilih ukuran sepatu atau alasan kaki apapun dengan ukuran yang pas, tidak terlalu longgar apalagi terlalu sempit. Jika ada luka atau sesuatu yang meragukan pada kulit bagian kaki segera konsultasikan pada dokter.

Olahraga rutin

Salah satu tugas yang penting bagi pasien diabetes adalah membiasakan diri untuk berolahraga secara teratur setiap hari. Ada banyak cara untuk memastikan tubuh mendapat jumlah waktu olahraga yang tepat. Olahraga efektif untuk mengendalikan gula darah dan membantu menyehatkan organ tubuh.

Makanan

Selalu perhatikan apa saja makanan yang dimakan hari ini, jika perlu lakukan konsultasi pada dokter untuk menentukan jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi sehari-hari. Terutama sebaiknya menghindari makanan yang mengandung gula tinggi dan karbohidrat tinggi yang bisa memicu kenaikan gula darah.

Memiliki penyakit gula darah memang kondisi yang membutuhkan banyak perhatian terutama tentang beberapa rutinitas yang bisa memicu kenaikan gula darah dan komplikasi. Obat diabetes mungkin bisa membantu, tetapi bukan solusi yang akan mengatasi masalah pada pasien diabetes.

 

Baca juga: OBAT DIABETES UNTUK MENURUNKAN GULA DI PAGI HARI