OBAT DIABETES DAN POTASSIUM, BAGAIMANA BISA MELENGKAPI?

Potassium dan diabetes ternyata masih memiliki hubungan dekat serta bisa mempengaruhi peran obat kepada pasien diabetes. Kenapa? Karena pada dasarnya potassium berperan untuk membantu dalam pengeluaran insulin dan mengendalikan gula darah. Mungkin potassium tidak ditemukan dalam bentuk obat diabetes dalam kemasan tapi bisa ditemukan pada beberapa jenis makanan yang sebenarnya sangat sering kita konsumsi.

Potassium adalah salah satu mineral penting yang bisa ditemukan di berbagai makanan sehari-hari. Penting agar tubuh mendapat asupan potassium secara cukup dan teratur karena potassium juga merupajan elektrolite yang mengatur keseimbangan cairan di dalam sel. Dengan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh tekanan darah pasien dapat lebih terkontrol dan denyut jantung yang lebih teratur.

Banyak sebenarnya manfaat potassium sebagai salah satu bagian dari pengobatan diabetes yang merupakan kombinasi antara obat, diet, dan olahraga. Lalu apa sajakah yang menjadi manfaat potassium bagi pasien diabetes?

 

Pengaruh potassium terhadap diabetes dan konsumsi obat

Secara teori dalam setiap sel di tubuh terdapat bagian kecil yang disebut ATP-sensitive potassium channel. Nah, potassium hanya bisa dibawa keluar dan masuk sel ketika bagian ini terbuka padahal ATP-sensitive potassium channel hanya akan terbuka dan tertutup di waktu tertentu. Potassium channel adalah bagian yang juga menentukan pengeluaran insulin dari dalam tubuh. Apa hubungannya?

Ketika potassium channel ini terbuka, insulin yang dikeluarkan akan ditahan. Begitu sel tersebut menerima asupan potassium dalam jumlah cukup, channel tersebut akan menutup dan insulin dikeluarkan dari sel-sel pankreas.

Sayangnya, bagi orang-orang dengan kadar gula darah tinggi, mereka biasanya beresiko memiliki jumlah potassium yang rendah karena keinginan buang air kecil yang terus meningkat. Kondisi ini yang kemudian mengarah pada resiko diabetes lain yaitu Diabetes Ketoacidosis atau DKA.

DKA adalah hal yang sering sekali dialami pada pasien diabetes tipe 1. DKA adalah kondisi yang sangat berbahaya dan perlu penanganan dari rumah sakit. Untuk pemahamanan sekilas, DKA adalah kondisi ketika ada terlalu banyak potassium yang keluar bersama urin sehingga tubuh akan kekurangan potassium yang mendorong keluarnya insulin.

Potassium memang sangat dibutuhkan terutama sebagai salah satu sumber yang membantu pengeluaran insulin dan kadar gula darah tinggi akan menyebabkan tubuh kekurangan potassium. Segera konsultasikan pada dokter tentang penggunaan atau konsumsi potassium yang cukup baik itu dengan makanan atau obat untuk diabetes. Jangan sampai justru tubuh kehilangan mineral terbaiknya akibat diabetes.

 

Baca juga: OBAT DIABETES DAN MULTIVITAMIN, BAGAIMANA KERJANYA?