OBAT DIABETES DAN KAITANNYA DENGAN POTASSIUM

Diabetes ternyata tidak hanya bisa dikontrol dengan obat tetapi juga dengan meningkatkan asupan potassium dari berbagai sumber makanan. Potassium bisa ditemukan di berbagai sumber makanan dan saat ini sudah ada suplemen yang juga menyediakan manfaat potassium. Namun sebelum akhirnya memutuskan untuk mengonsumsi potassium sebagai salah satu terapi untuk mengendalikan diabetes selain dengan obat, mungkin bisa melihat dulu seberapa besar pengaruh potassium bagi pasien diabetes.

 

Pengaruh potassium sebagai obat diabetes

Atau mungkin lebih tepat disebut obat untuk mencegah diabetes. Berbagai penelitian menunjukan bahwa dengan mendapatkan potassium yang cukup faktor resiko diabetes juga bisa diturunkan. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan selama sembilan tahun terhadap lebih dari 10,000 partisipan. Mereka yang memiliki kadar potassium rendah ternyata memiliki kemungkinan 1.5 kali lebih tinggi untuk mengalami diabetes. Sementara mereka dengan jumlah potassium yang lebih tinggi atau dalam batas normal ternyata hampir tidak memiliki resiko terkena diabetes.

Sebuah penelitian lain juga dilakukan kepada sejumlah pria yang memiliki potassium rendah. Mereka kemudian didiagnosa dengan resiko diabetes tipe 2 lebih tinggi dibandingkan mereka yang memiliki potassium lebih banyak.

Pengaruh potassium terhadap pasien diabetes juga berhubungan dengan obat yang dikonsumsi karena obat seperti thiazides atau obat diuretic ternyata dapat menurunkan kadar potassium dalam tubuh. Penelitian telah membuktikan bahwa berkurangnya 0.5 mEq/L potassium akibat thiazides dari dalam tubuh akan menaikan resiko seseorang terkena diabetes sampai 45%.

Potassium bisa berfungsi sebagai bentuk pencegahan diabetes tanpa harus menggunakan. 40 mEq potassium bisa secara efektif dapat menjaga kestabilan serta memperbaiki kondisi kadar gula darah pada orang-orang dengan pre-diabetes. Setelah 3 bulan mengonsumsi potassium atau suplemen potassium yang cukup, sejumlah partisipan meunjukan tanda-tanda penurunan gula darah 1.1 mgl/dL sementara kelompok partisipan yang tidak mengonsumsi potassium tidak terlihat mengalami penurunan gula darahnya.

Melihat hal ini menjadikan potassium sebagai salah satu mineral penting yang harus selalu didapatkan tubuh. Dengan diet sehat pasien diabetes tentu bisa memenuhi kebutuhan potassium yang bisa menjadikan tugas obat diabetes lebih ringan. Mengandalkan obat saja tidak cukup untuk terus mengendalikan gula darah maka pasien memang selalu disarankan untuk mulai membuat menu diet sehat dan salah satunya adalah dengan meningkatkan asupan potassium. Apa sajakah itu?

Makanan rendah karbo dan tinggi potassium

Ini adalah beberapa menu tinggi potassium namun rendah karbo sehingga aman bagi pasien diabetes.

  • Bayam mengandung 420 mg potassium
  • Tomat mengandung 290 mg potassium
  • Brokoli mengandung 230 mg potassium
  • Pok coy mengandung 316 mg potassium
  • Kacang pistachio mengandung 295 mg potassium dan,
  • Biji bunga matahari mengandung 240 mg potassium.

Beberapa makanan ini bisa mulai ditambahkan ke menu sehari-hari pasien diabetes. Konsultasikan dengan ahli gizi untuk memastikan bahwa menu tersebut aman dan akan mencukupi kebutuhan pasien secara keseluruhan.

 

Baca juga: OBAT DIABETES DAN POTASSIUM, BAGAIMANA BISA MELENGKAPI?