OBAT DIABETES DAN METODE MAKAN SEHAT PASIEN DIABETES

Mengatur pola makan dan konsumsi obat diabetes

Makanan dan pola makan yang sehat jadi bagian penting pasien diabetes selain rutin mengonsumsi obat sesuai resep dan anjuran dokter. Pasien diabetes sangat diharapkan untuk bisa memilih dan menyesuaikan banyak hal ketika itu berhubungan dengan mengatur pola makan. Nah, dalam artikel ini akan sedikit dijelaskan bagaimana pasien diabetes harus mengatur tidak hanya pilihan bahan makanannya saja tapi juga strategi makan yang benar dan menyehatkan. Jangan lupa juga untuk menyertakan obat diabetes yang telah diresepkan dan olahraga teratur.

 

Memilih karbohidrat yang tepat

Karbohidrat jadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan masak-masak untuk menu makanan pasien diabetes. Mengonsumsi karbohidrat penting bagi tubuh, namun bagi pasien diabetes karbohidrat mungkin bisa menaikkan gula darah dan mengganggu kesehatan. Memilih karbohidrat yang tepat bagi pasien diabetes adalah dengan memilih karbohidrat yang dicerna lambat oleh tubuh. Seperti apa karbohidrat tersebut?

Karbohidrat yang lambat dicerna tubuh biasanya dalam bentuk makanan utuh yang tinggi serat sehingga bisa membuat perut kenyang lebih lama.

Waktu makan dan konsumsi obat diabetes

Bagi pasien diabetes waktu makan justru harus dilakukan secara teratur sama seperti konsumsi obat diabetes. Timing yang tepat membantu menjaga gula darah tetap stabil dengan menjaga perut selalu terisi makanan. Pasien diabetes dianjurkan untuk makan setiap 3-4 jam sekali. Dengan makan yang teratur perut akan selalu terisi, gula darah lebih stabil dan mencegah makan berlebihan pada waktu makan berikutnya.

Kombinasi isi piring

Setekah memilih karbohidrat yang tepat saatnya mengisi piring dengan porsi dan kombinasi yang tepat pula. Makanan sehat bagi pasien diabetes harus memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang lengkap tetapi juga tidak boleh menyebabkan kenaikan pada gula darah. Lalu bagaimana pembagian porsi makan yang tepat bagi pasien diabetes?

Asumsikan bahwa piring seperti diagram lingkaran maka isi setengahnya dengan buah dan sayuran yang tidak mengandung tepung, kemudian isi ¼ bagian piring dengan protein sehat seperti ikan atau kacang-kacangan dan ¼ sisanya dengan gandum utuh. Terakhir tambahkan produk susu rendah lemak seperti susu dan yogurt.

Jangan melebihi batas

Salah satu hal yang harus dibatasi adalah jumlah kalori yang masuk dan keluar. Ketika mengonsumsi makanan, alkohol atau menu-menu manis lainnya perhatikan berapa batasan yang diijinkan oleh tubuh dengan konsultasi pada dokter ahli.

Pastikan bahwa konsumsi makanan sehat dengan pola makan yang teratur ini diiringi dengan kontrol kesehatan teratur, menggunakan obat diabetes dan olahraga. Mengatur pola makan hanya satu dari sekian banyak gaya hidup sehat yang harus diterapkan pasien diabetes.

 

Baca juga: OBAT DIABETES DENGAN MAKANAN-MAKANAN SEHAT