OBAT DIABETES DAN KEWAJIBAN MENJAGA KONDISI KAKI

Semua orang pasti sudah tahu bahwa obat diabetes hanya berperan untuk mengendalikan gula darah dalam tubuh namun mencegah komplikasi harus dibarengi dengan pola hidup sehat. Komplikasi paling sering dari pasien diabetes adalah masalah pada bagian kaki. Pasien diabetes selalu diingatkan untuk memantau dan memastikan kondisi kakinya baik-baik saja. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi kaki pasien diabetes selain dengan konsumsi obat diabetes rutin untuk menjaga kestabilan gula darah. Bagi pasien diabetes cara ini sebaiknya benar-benar diperhatikan karena masalah pada kaki dapat membawa masalah besar bagi pasien diabetes.

 

Perawatan kaki pasien diabetes selain dengan obat

Pertama konsultasikan dahulu dengan dokter diabetes untuk melihat apakah pasien mengalami diabetes neuropathy atau tidak. Ini untuk memastikan bahwa tidak ada yang perlu segera mendapat obat karena diabetes neuropathy harus segera mendapat perawatan yang tepat. Jika tidak ada yang perlu disegera diobati maka yang harus diperhatikan adalah cara perawatan kondisi kaki sehari-hari.

Secara rutin, setiap pagi, lakukan pengecekan pada kaki untuk memeriksa adanya goresan, luka terbuka, tampak kemerahan dan bengkak. Luka-luka kecil atau bentuk-bentuk tidak wajar pada kaki pasien diabetes akan memberi dampak berbeda pada pasien diabetes daripada mereka yang tidak memiliki diabetes.

Selanjutnya, selalu keringkan kaki setelah mencuci kaki. Pastikan kaki benar-benar kering semua, termasuk sela-sela jari karena membiarkan kaki dalam keadaan lembab akan menyebabkan jamur dan infeksi. Bagian sela-sela jari kaki adalah area yang sering lembab sehingga dan tertutup sehingga pastikan mengeringkannya dengan benar. Jaga agar kaki tetap kering dan hangat.

Jangan lupa untuk selalu memotong kuku dan potonglah kuku sesuai garisnya. Sering terjadi memotong kuku terlalu dalam menyebabkan kuku tumbuh ke dalam yang ini akan melukai kulit dan menyebabkan luka terbuka yang bisa menjalar. Luka terbuka pada pasien diabetes butuh penanganan khusus untuk mencegah luka membusuk dan menimbulkan infeksi parah.

Karena kaki pasien diabetes sangat sensitive terhadap goresan kecil dan mudah terluka namun terkadang tidak terasa, maka bentuk pencegahannya adalah dengan sering menggunakan kaus kaki, termasuk saat tidur. Kaus kaki yang lembut menjaga agar kaki tidak mudah terluka dan selalu terjaga dalam kondisi kering dan hangat. Gunakan kaus kaki yang sedikit longgar atau jangan terlalu ketat agar aliran darah tidak berhenti.

Pasien diabetes juga disarankan untuk memilih alas kaki yang tepat. Sebaiknya gunakan sepatu daripada sandal dengan ujung terbuka. Sandal dengan ujung terbuka menyebabkan ujung kaki mudah terkena benda tajam dan terluka. Begitu juga dengan sandal jepit. Bagian yang ada di antara jempol dan jari lainnya bisa menyebabkan luka karena seringnya gesekan ketika berjalan. Dan sebaiknya memang tidak berjalan dengan bertelanjang kaki, tidak ada yang tahu apa yang ada di lantai yang bersih sekalipun. Jika perlu tanyakan pada dokter ahli untuk membantu memilihkan alas kaki yang tepat dan aman digunakan di kaki.

Jangan merokok. Merokok akan menghambat aliran darah dan tentu saja kondisi itu bisa memperparah kondisi pasien diabetes.

Jika terlihat ada masalah pada kaki, baik itu ketika kuku tumbuh ke dalam daging, callouses, atau luka lainnya jangan mencoba mengatasinya sendiri. Pergilah ke dokter yang bisa menangani luka diabetes dan ikuti anjuran dokter tentang metode pengobatan yang harus dilakukan termasuk obat jika dibutuhkan.

Yang terakhir tetapi yang paling penting untuk dilakukan adalah selalu mengendalikan diabetes dengan obat, makan sehat dan olahraga. Buatlah catatan berapa angka yang harus dicapai termasuk kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh untuk menghindari komplikasi.

Dalam kasus diabetes, luka kecil pada kaki dapat menjadi masalah besar dalam waktu singkat. Namun dengan melakukan persiapan dan berbagai bentuk pencegahan kondisi ini bisa dihindari dengan lebih baik. Pasien bisa menurunkan resiko diabetes neuropathy dan amputasi hingga 85%.

 

Baca juga: OBAT DIABETES HERBAL ENAK MILK OOLONG TEA