OBAT DIABETES BISA MEMPENGARUHI KONDISI KESEHATAN

Beberapa obat diabetes ternyata memiliki pengaruh terhadap tubuh yaitu dapat menggangu kondisi kesehatan pasien jika tidak disadari lebih awal. Hypoglikemia adalah salah satu kondisi yang biasa terjadi pada pasien diabetes namun bisa juga membahayakan tubuh. Kebalikan dari hypoglikemia adalah hyperglikemia yang juga bisa terjadi pada pasien diabetes. Mengetahui tentang dua kondisi kesehatan ini bisa menyelamatkan nyawa pasien diabetes karena deteksi dini membantu pasien mendapat obat atau perawatan tepat waktu. Sebelumnya akan dijelaskan terlebih dahulu tentang hypoglikemia dan hyperglikemia serta gejala-gejala yang harus diperhatikan.

 

Hypoglikemia dan obat diabetes

Kondisi ini adalah ketika pasien diabetes justru mengalami penurunan gula berlebihan hingga bisa menyebabkan pasien kehilangan kesadaran. Hypoglikemia bisa terjadi ketika seseorang menggunakan insulin dengan dosis berlebihan dan biasanya hal ini terjadi pada pasien diabetes tipe 1. Namun pasien diabetes tipe 2 juga memiliki kemungkinan mengalami hypoglikemia mengingat beberapa obat diabetes memiliki efek hypoglikemik. Bahkan termasuk konsumsi obat diabetes herbal juga bisa menimbulkan efek hypoglikemik. Berikut adalah beberapa gejala hypoglikemia yang perlu diperhatikan:

Pertama adalah ketika tubuh mulai mengeluarkan keringat dingin banyak tanpa sebab. Kedua, tubuh mulai terasa gemetaran dan jantung berdebar-debar kencang. Ketiga, perasaan lapar yang teramat sangat karena tubuh mulai kekurangan gula dalam tubuhnya. Keempat, pasien dengan hypoglikemia biasanya akan merasakan pusing dan kepala terasa berputar-putar. Lalu terakhir adalah pasien akan merasa kebingungan dan tidak dapat menerima informasi dengan jelas.

Ketika gejala ini mulai muncul segera lakukan pertolongan pertama dengan mengonsumsi makanan tinggi gula seperti permen atau coklat. Ini akan memulihkan kondisi gula darah kembali normal. Tetapi jika setelah mengonsumsi makanan atau minunam manis gejalanya belum juga hilang atau ketika dicek kadar gula darah belum normal, segera minta pertolongan pada tenaga ahli.

Hyperglikemia

Lawan dari hypoglikemia adalah hyperglikemia yang tentu saja tidak disebabkan oleh obat diabetes. Hyperglikemia terjadi ketika terlalu banyak gula yang disimpan dalam pembuluh darah. Kondisi ini akan menyebabkan beberapa reaksi pada tubuh seperti: tubuh akan mudah merasa lelah, keinginan buang air kecil terus menerus, kelelahan, pandangan mulai terasa kabur, penurunan berat badan mendadak, hingga munculnya berbagai infeksi.

Sangat penting untuk selalu menjaga agar gula darah dalam kondisi stabil dan normal karena ketika gula darah terlalu tinggi dalam waktu lama bisa menimbulkan komplikasi lain yaitu ketoacidosis.

Konsultasikan dengan dokter terkait penggunaan obat diabetes mengingat beberapa efeknya bisa menyebabkan hypoglikemia.

 

Baca juga: OBAT UNTUK DIABETES SESUAI TIPE DIABETES