OBAT DIABETES ALAMI DALAM BUAH KURMA YANG MANIS

Buah yang sering kali disajikan di bulan Ramadhan ini ternyata berjasa banyak sebagai obat diabetes alami meskipun rasa sangat manis. Buah-buahan memang selalu mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin, mineral hingga antioksidan penting. Tetapi sebagian besar juga tidak bisa dikonsumsi pasien diabetes karena kandungan gulanya terlalu tinggi sehingga berbahaya untuk pasien diabetes dan kadar A1c pasien. Nah, untungnya kurma tidak termasuk dalam daftar buah yang berbahaya bagi pasien bahkan termasuk bermanfaat sebagai obat diabetes alami pasien diabetes.

 

Sekilas kandungan kurma

Sebelum membahas lebih jauh tentang khasiat kurma dalam menangani diabetes, mari lihat lebih dulu beberapa kandungan nutrisi yang bisa ditemukan dalam buah kurma. Meskipun sebenarnya memang kurma tinggi karbohidrat dan rendah protein serta lemak, tapi ada kandungan lain yang bisa bermanfaat dimana setiap 100 gram kurma dapat memenuhi 20% kebutuhan potassium harian, 18% kebutuhan cooper harian, dan 14% kebutuhan magnesium harian.

Namun tetap saja membatasi konsumsi itu perlu. Kurma mengandung gula yang berbentuk fruktosa. Fruktosa sendiri nantinya akan melalui proses metabolisme di liver. Liver pasien diabetes sudah bekerja sangat keras sehingga sebaiknya tidak perlu untuk menambah beban kerja liver dengan sesuatu yang tidak perlu.

Mengenal manfaat kurma sebagai obat diabetes alami

Sebenarnya tidak bisa benar-benar disebut obat diabetes alami karena meskipun mengandung beberapa manfaat bagi tubuh, kurma tetap saja buah yang tinggi karbohidrat. Mengonsumsi kurma bisa menaikan kadar gula darah dan A1c pasien diabetes. Nah, berikut ini adalah beberapa hasil penelitian yang menggunakan ekstrak kurma.

Di tahun 2011 sebuah penelitian menunjukan bahwa kurma dapat membantu sebagai penanganan awal diabetes neuropathy pada tikus. Penelitian semacam ini yang dilakukan pada binatang lain juga menunjukan bahwa ada perbaikan pada kadar A1c jika kurma dikonsumsi dalam bentuk ekstrak.

Dengan mengambil hanya ekstrak dari kurma tubuh bisa menerima manfaat kurma dengan lebih baik tanpa membahayakan kesehatan. Mengonsumsi kurma dalam bentuk utuhnya mungkin justru bisa membawa dampak negative dari nutrisi-nutrisi penting yang membantu menyehatkan tubuh.

Kurma dalam bentuk ekstrak mungkin sudah bisa ditemukan di beberapa tempat yang menawarkan obat diabetes alami. Sebaiknya mengurangi konsumsi kurma dalam bentuk utuhnya karena bisa meningkatkan kadar gula darah. Obat diabetes alami saat ini sudah banyak jenisnya sehingga jika masih meragukan manfaat kurma bisa memilih resep lain sesuai dengan saran dokter.

 

Baca juga: OBAT DIABETES DAN KAITANNYA DENGAN POTASSIUM