Serai

Serai adalah salah satu herbal yang sering dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk diabetes dan mengatasi berbagai masalah kesehatan lain. Herbal satu ini memang mudah sekali ditemukan di Indoesia, tidak hanya sebagai obat herbal untuk diabetes tetapi untuk penambah rasa pada masakan khas Indonesia. Wanginya yang khas juga membuat serai bisa dicampurkan dalam minuman seperti teh serai atau hanya sekedar serai direbus saja. Meski sederhana, manfaat serai ternyata luar biasa besar bagi kesehatan. Untuk lebih mengenal manfaat serai sebagai obat herbal untuk diabetes dan masih banyak lagi manfaat kesehatan lainnya akan dibahas pada artikel ini.

 

Manfaat serai

Serai adalah hebal yang mengandung bahan anti mikroba, antioksidan, anti-inflamasi dan anti kanker yang luar biasa banyak. Maka tak heran, menyeduh serai dan meminumnya di pagi atau sore hari akan meningkatkan kesehatan tubuh dan membersihkan efek buruk radikal bebas. Zat anti-kanker dalam serai berasal dari citral dan dapat membunuh berbagai sel kanker. Selain membunuh sel kanker dalam tubuh, kandungan anti kanker dalam serai akan menyehatkan sistem jaringan dalam tubuh.

Serai juga tinggi kandungan zat besi yang baik untuk membantu mengatasi berbagai jenis anemia. Bagi pengidap anemia bisa membuat air seduhan serai setiap pagi untuk meningkatkan kadar zat besi dalam darah dan menghindari tubuh kekurangan sel darah merah di tengah kesibukan aktifitas harian.

Selain direbus, serai bisa juga diambil sarinya dengan cara dikeprek. Sari dari serai tersebut bermanfaat untuk menyembuhkan radang sendi dan pegal-pegal. Sari-sari dari serai juga mampu membersihkan tubuh dari dalam terutama membersihkan liver, ginjal, saluran pembuangan, pankreas dan meningkatkan sirukulasi darah. Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang beresiko tinggi mengalami komplikasi akibat diabetes sehingga penting untuk menjaga kesehatan ginjal dengan baik untuk menghindari komplikasi.

Teh dari serai akan membantu proses detoksifikasi pankreasi dan membantu menurunkan gula darah pada pengidap diabetes. Sebagai obat herbal untuk diabetes, membuat teh serai tidak hanya mudah namun juga aman bagi tubuh. Lebih lanjut dengan rutin meminum air serai, ini akan membantu mencairkan lemak dan membuangnya dalam jumlah besar, cepat depan efektif sehingga membantu menurunkan berat badan.

 

Baca juga: http://yakon.co.id/agar-obat-diabetes-herbal-bekerja-lebih-efektif-mari-bebaskan-tubuh-dari-gula/