Mengurangi gula

Obat diabetes herbal yang disarankan oleh dokter atau ahli kesehatan berfungsi untuk mengontrol gula darah sementara perannya perlu dibantu dengan perubahan gaya hidup sehat. Salah satu gaya hidup sehat yang perlu diikuti oleh pasien diabetes adalah pengurangan gula. Meski saat ini sudah banyak obat diabetes herbal yang bisa menurunkan gula darah dengan aman, mengurangi gula tetap cara herbal paling efektif untuk mencegah gula darah naik. Berikut ini tips cara membuat tubuh bebas gula.

 

Berhenti

Mulailah disiplin pada diri sendiri untuk menghentikan penggunaan pemanis buatan, gula putih dan coklat serta sirup pemanis. Soda diet dan minum diet lainnya juga sebaiknya dihindari karena justru mereka mengandung banyak gula pengganti yang bisa membahayakan tubuh.

Selain itu perhatikan pula saus kemasan dan bahan pelengkap lain seperti bumbu salad, mayonese dan lain-lain. Pelengkapan makanan ini tentu tidak bebas dari gula dan bahan pengawet dalam jumlah tinggi. Begitu juga gula tambahan dalam kemasan, karena berada dalam kemasan sachet dan dimaksudkan agar tahan lama, mereka mengandung banyak bahan pengawet.

Hindari juga mengolah buah dan sayuran menjadi jus. Buah dan sayuran sebaiknya dikonsumsi dalam bentuk utuh karena nutrisinya masih terjaga. Membuat jus buah akan mengurangi nutrisi di dalamnya. Apalagi jus buah kemasan biasanya mengandung banyak gula untuk membuatnya lebih tahan lama.

Gandum yang diolah menjadi roti putih, beras putih dan pasta sebaiknya mulai dihentikan karena kandungan karbohidratnya yang tinggi akan berdampak buruk bagi tubuh.

Batasi

Coklat hitam atau dark chocolate adalah pilihan terbaik sebagai obat diabetes herba yang enak dan bisa dikonsumsi beberapa kali. Meski bermanfaat karena dapat menjaga kestabilan gula darah, sebaiknya batasi konsumsi dark chocolate karena bagaimanapun coklat tetap akan menimbulkan lemak jika dikonsumsi berlebihan.

Makanan lain yang harus dibatasi ada buah-buahan kecuali buah berry. Terdengar aneh memang untuk program hidup sehat. Tetapi meski bisa menjadi obat diabetes herbal, buah-buahan secara alami menganduing gula yang jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan kenaikan gula darah.

Batasi pula sayuran bertepung seperti kentang, wortel, kacang polong. Gandum utuh seperti quinoa dan buckwheat juga sebaiknya mulai dikurangi. Serta polong-polongan seperti lentil dan chickpea.

Fokus pada

Untuk mulai mengurangi gula berfokuslah pada konsumsi air putih. Kemudian perbanyak konsumsi buah berry karena kandungannya bermanfaat sebagai obat diabetes herbal bagi pasien diabetes. Selain itu tambahkan jumlah lemak sehat (kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun). Sayuran hijau juga superfood yang bisa berperan sebagai obat diabetes herbal. Jangan lupa untuk melengkapi piring makan dengan protein seperti salmon dan daging sapi organik.

 

Baca juga: http://yakon.co.id/snack-mudah-dan-siap-konsumsi-turunkan-gula-darah-seperti-obat-diabetes/