Menurunkan gula darah alami

Para pasien diabetes selalu dibuat kerepotan dengan berbagai cara perawatan serta pengobatan untuk menurunkan gula darah, mulai dari obat diabetes hingga metode olahraga. Obat diabetes juga kini banyak ragamnya, dari obat diabetes berbahan kimia hingga obat diabetes herbal alami. Semua orang tentu menginginkan metode yang terbaik serta aman untuk tubuh. Ada berbagai cara menurunkan kadar gula darah secara alami yang bisa dilakukan sehari-hari, berikut akan dijelaskan dalam artikel ini.

 

Karbohidrat

Salah satu saran yang banyak diberikan oleh ahli kesehatan adalah diet karbohidrat. Diet karbohidrat sebenarnya mempermudah langkah untuk mengatur kestabilan gula darah.

Karbohidrat sendiri banyak ditemukan dalam makanan yang mengandung tepung seperti akar sayuran, beras, gandum dan polong-polongan. Maka sebagian besar pengidap diabetes selalu disarabkan untuk mengurangi konsumsi makanan tinggi karbohidrat tersebut. Mereka disarankan untuk mengganti makanan tersebut dengan sayuran berdaun hijau, kacang, buah berry dan daging sapi organik yang lebih rendah karbohidratnya.

Selain memilih karbohidrat yang aman dimakan, buatlah pengaturan porsi untuk mencegah kenaikan gula darah secara mendadak. Misalnya, memakan sebutir apel akan meningkatkan gula darah. Maka untuk mengatasinya, buatlah potongan besar pada apel dan makan satu persatu setiap beberapa jam. Ini akan mengjaga kestabilan gula darah dan mencegah tubuh cepat lapar.

Minuman

Bagi pengidap diabetes minuman teh tawar adalah hal yang biasa. Namun menentukan jenis teh yang baik bagi pengidap diabetes juga penting. Teh hitam, putih dan hijau dapat membantu menurunkan kadar gula darah paling tidak selama setengah jam. Suplemen green tea yang banyak dijual juga menunjukan efek positif terhadap penurunan kadar gula darah.

Segelas anggur merah ternyata bisa juga menjadi obat diabetes. Red wine berperan dalam menjaga kestabilan gula darah dengan cara mencegah penyerapan glukosa secara intensif. Tetapi yang perlu diingat adalah alkohol bukan sarana yang efektif untuk mengjaga gula darah dalam waktu lama karena berkontribusi menumpuk lemak pada liver.

Bergerak aktif

Dalam jangka pendek, olahraga akan menurunkan gula darah, untuk jangka panjangnya olahraga akan membakar glukosa lebih efektif.

Olahraga ringan yang dapat dilakukan oleh pasien diabetes adalah jalan santai dan bersepeda. Tidak perlu lama-lama, cukup 20 menit hingga satu jam sehari secara rutin.

Bagi yang memiliki waktu lebih longgar bisa dengan mengikuti latihan beban. Pada awalnya latihan beban akan menaikkan gula darah. Tetapi setelah beberapa waktu akan membangun otot yang membakar glukosa lebih efektif.

 

Baca juga: http://yakon.co.id/memanfaatkan-serai-sebagai-obat-herbal-untuk-diabetes/