Pentingnya sarapan sehat

Selain obat diabetes yang dikonsumsi pagi hari untuk mengembalikan kestabilan gula darah, sarapan juga aspek penting untuk menjaga gula darah tetap stabil sepanjang hari sama seperti memilih obat diabetes, membuat sarapan juga harus memikirkan komponen penting yang terkandung di dalamnya. Penting sekali untuk mengawali hari dengan menu yang menyehartkan, penuh serat dari gandum utuh, potassium dan vitamin C. oats yang tidak dimasak menyediakan tepung yang baik, sumber sempurna untuk bakteri baik di usus dan meningkatkan kadar insulin.

Smoothie ini dapat dibuat dengan cepat dan sangat efektif untuk mengawali hari dengan gula darah yang lebih stabil. Dengan adanya oats dalam smoothie maka menjaga kestabilan gula darah selama sisa hari menjuadi lebih mudah. Oats dan flaxseed kaya akan serat dietary dan menyediakan begitu banyak vitamin serta mineral. Oatmeal juga bebas lemak, kolesterol dan sodium. Maka selain obat diabetes di pagi hari damping pula dengan sarapan sehat dari smoothie oatmeal.

 

Bahan-bahan

1 cup oats mentah, kemudian digiling menggunakan penggiling bumbu atau kopiu atau gunakan food processor

2 buah pisang beku, potong menjadi potongan kecil-kecil

3 cup susu rendah lemak

2 sendok makan flax-seed giling

Pengganti gula

2 sendok teh perasa kopi jika ingin rasa yang lebih enak

Cara pembuatan:

Campurkan semua bahan dalam blender lalu blender hingga menjadi halus

Tuangkan dalam gelas dan nikmati sebagai menu sarapan sehat.

Manfaat

Sarapan yang satu ini mengandung banyak nutrisi dan manfaat obat diabetes dalam satu gelas. Tetapi bagi yang mencemaskan efeknya bagi kesehatan pasien diabetes ada beberapa tips untuk membuatnya lebih aman lagi.

Pertama, pilih pisang berukuran kecil dan hitung karbohidrat dari pisang tersebut pada hitungan harian agar tidak lupa dan mengambil karbohidrat lebih banyak. Pisang juga mengandung gula sehingga tidak perlu pisang yang terlalu besar karena akan meningkatkan jumlah gulanya.

Resep ini dapat dibagi menjadi empat gelas dan jumlah tersebut lebih aman. Karena berasal dari oatmeal dan pisang maka tidak perlu mengonsumsi terlalu banyak untuk bisa mengenyangkan.

Terakhir gunakan susu almond tanpa gula atau susu kedela sebagai pengganti susu rendah lemak untuk mengurangi karbohidratnya.

 

Baca juga: http://yakon.co.id/obat-herbal-untuk-diabetes-dari-rumah-sendiri/