Mengubah diet

Selain dengan obat diabetes, mengubah menu diet ternyata berpengaruh banyak untuk mengatur kadar gula darah. Dengan menghindari beberapa menu yang mengandung gula tinggi kemudian menambahkan menu lain akan lebih efektif untuk mengontrol gula darah seperti obat diabetes. Salah satu makanan yang bisa ditambahkan dalam menu diet adalah kacang-kacangan. Memakan jenis kacang tertentu banyak membantu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Tidak hanya mengontrol gula darah, kacang-kacangan juga bisa menurunkan berat badan. Akibat diet yang tidak sehat tubuh akan mudah kelebihan berat badan yang juga meningkatkan resiko diabetes tipe 2.

 

Kacang almond

Pengidap diabetes tipe 2 bisa menurunkan kadar gula darah dengan obat diabetes dan segenggam kacang almond. Pernyataan tersebut telah dibuktikan oleh ahli kesehatan dari website Healthline yang menyatakan bahwa almond mampu mengembalikan dan mengurangi kenaikan gula darah setelah makan. Tambahnya pula bahwa kacang almond juga mencegah diabetes dengan baik.

Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi 1 ons almond sehari memiliki gula darah puasa yang rendah, begitu pula insulinnya. Penelitian lain juga ditemukan bahwa konsumsi almond meningkatkan sensitifitas insulin pada pasien pradiabetes.

Almond memiliki kandungan serat lebih banyak dari kacang lainnya, sekitar 3.5 gram. Jumlah ini cukup untuk mengembalikan kestabilan gula darah. Kacang juga menjadi makanan primadona karena dengan dijadikan snack maka pasien diabetes tipe 2 akan lebih banyak terbantu. Kacang almond akan membantu mencegah penyakit jantung, menjaga gula darah terkontrol dan mengurangi berat badan.

Meski begitu perhatikan pula jumlah kacang almond yang boleh dikonsumsi karena konsumsi berlebihan justru meningkatkan berat badan. Karena itu disarankan untuk hanya mengonsumsi sebanyak 1 ons sehari atau sebanyak 23 biji.

Kandungan almond

Mungkin almond terlihat seperti hanya butiran kacang kecil, ternyata kandungan nutrisinya luar biasa besar. Almond bisa dijadikan obat diabetes yang enak dan mudah dikonsumsi.

Almond merupakan sumber vitamin dan mineral yang terbaik. Termasuk di dalamnya terdapat vitamin E dan magnesium. Selain itu di dalamnya juga terdapat protein, serat, copper, riboflavin dan kalsium. Tak heran kacang satu ini sangat bermanfaat untuk pengidap diabetes dan mengurangi resiko penyakit jantung.

Sumber: express.co.uk

 

Baca juga: http://yakon.co.id/lemon-ginger-tea-obat-diabetes-dalam-secangkir-teh/