TIPS PENTING CARA MENJAGA KONDISI KAKI PASIEN DIABETES

Mari membahas lagi pentingnya menjaga kondisi kesehatan kaki bagi pasien diabetes. Neuropathy sebagai komplikasi dari gula darah tinggi yang tidak terkontrol juga akan membawa kemungkinan komplikasi lain yang lebih berbahaya. Amputasi adalah komplikasi paling parah dari pasien diabetes dan paling banyak dialami oleh pasien diabetes. Alasannya sepele, hanya karena orang-orang kurang memperhatikan kondisi kesehatan kakinya. Sering kali dianggap tidak begitu penting, justru luka kecil yang tidak terlihat pada kaki imbasnya besar. Jadi di samping rutin mengonsumsi obat, melakukan diet ketat dan olahraga teratur, pasien diabetes juga harus rajin menjaga kondisi kakinya.

Aturan untuk menjaga kondisi kaki sudah banyak dijelaskan di berbagai artikel. Sering kali kedengarannya ribet dan banyak aturan, jadi dalam artikel ini akan sedikit disederhanakan tentang bagaimana seharusnya pasien diabetes menjaga kondisi kakinya.

 

Cermin untuk memeriksa kaki

Kaki termasuk bagian yang cukup sulit untuk dijangkau keseluruhannya karena tidak semua orang bisa membungkuk untuk melihat apa yang ada di kaki. Bagian telapak kaki juga sering sulit terlihat dengan lebih detail karena ada bagian-bagian yang tidak bisa dilihat dengan jelas. Maka cobalah untuk melihat kondisi kaki dengan menggunakan cermin yang bisa membantu melihat ke bagian-bagian sulit pada kaki, termasuk area telapak kaki. Dengan menggunakan cermin, periksa kembali apakah ada luka goresan atau kulit yang pecah-pecah terkelupas.

Menggunakan kaus kaki

Kulit bagian telapak kaki pasien diabetes cukup sensitive jadi sebaiknya lindungi kaki dengan selalu menggunakan kaus kaki yang empuk dan lembut. Tidak ada yang tahu bagaimana kondisi di dalam sepatu sebenarnya. Terkadang masih kerikil kecil yang bisa menggores kulit atau lapisan dalam sepatu yang kasar sehingga membuat kaki mudah terluka.

Tidak hanya saat memakai sepatu, sebaiknya gunakan kaus kaki ketika tidak sedang bertelanjang kaki di rumah atau bahkan ketika sedang memakai sandal. Sulit merasakan adanya benda-benda kecil di kaki dan luka yang tidak ketara sekalipun bisa sangat berbahaya untuk pasien diabetes, jadi sebaiknya terus pakai sepatu untuk menghindari luka-luka akibat benda kecil yang disadari.

Memakai pelembab

Sering terhambatnya aliran darah ke area kaki menyebabkan area kaki jadi cepat kering dan pecah-pecah. Pasien diabetes sangat diharapkan untuk rutin mengoleskan pelembab ke kaki demi mencegah kulit yang pecah-pecah terlalu parah. Oleskan pelembab ke seluruh bagian kaki, telapak kaki, hingga tumit kecuali di sela-sela jari kaki. Kenapa? Area di sela-sela jari kaki harus dibiarkan tetap kering untuk mencegahnya tumbuhnya jamur dan bakteri akibat lingkungan yang terlalu lembab.

Tiga tips sederhana ini membantu pasien dalam menjaga kondisi kesehatan kakinya tanpa perlu terlalu repot. Jangan meremehkan keadaan kaki karena dari kaki yang tidak terawat justru bisa timbul masalah besar dan berbahaya bagi pasien diabetes.

 

Baca juga: https://yaconaindonesia.co.id/menjaga-kesehatan-kaki-tidak-selalu-dari-obat-ini-yang-tidak-boleh-dilakukan-oleh-pasien-diabetes/