PENYEBARAN KOMPLIKASI DIABETES JIKA TIDAK MENDAPAT OBAT YANG TEPAT

Mengonsumsi obat diabetes tidak hanya membantu untuk menjaga gula darah tetap stabil tapi juga untuk mencegah terjadinya komplikasi bagi pasien diabetes. Diabetes memang memiliki banyak kemungkinan komplikasi yang berbahaya. Komplikasi bagi pasien bisa tersebar ke seluruh bagian tubuh dan sangat membahayakan tubuh. Obat, diet dan olahraga yang direncanakan untuk pasien diabetes memang dimaksudkan untuk menjaga kadar gula darah dan gula darah yang selalu stabil membantu mencegah kompliksasi yang meluas.

Pada pasien diabetes tidak hanya kadar gula darah saja yang harus dijaga tapi juga tekanan darah dan kolesterol yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan dalam tubuh. Memang selalu ada cara untuk menyembuhkan, tetapi akan lebih baik untuk mulai mengenali potensi komplikasinya dan mencegah dari awal dengan gaya hidup sehat, rutin minum obat diabetes yang diresepkan dokter dan olahraga teratur.

Otak

Resistensi insulin yang mengarah pada kemungkinan diabetes tipe 2 sangat berhubungan dengan peningkatan jumlah plak yang menumpuk di arteri. Dimana hal ini bisa menghalangi aliran darah ke otak yang berujung pada penyakit stroke.

Mata

Mengalami gula darah dan tekanan darah tinggi dalam waktu akan menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah kecil di mata yang mengakibatkan komplikasi retinopathy.

Jantung

Tekanan darah tinggi dan resistensi insulin adalah faktor utama penyebab serangan jantung.

Ginjal

Tekanan darah tinggi akan merusak pembuluh darah kecil dan gula darah tinggi akan membuat ginjal bekerja lebih keras dari seharusnya. Lama kelamaan kedua kondisi ini membuat ginjal semakin lemah untuk membersihkan seluruh kotoran dalam darah. Dalam kondisi yang semakin parah gagal ginjal juga akan meningkatkan tekanan darah jadi lebih tinggi.

Perut

Penumpukan lemak di bagian perut dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Kelebihan berat badan juga akan berakibat buruk bagi pasien diabetes. Penumpukan lemak mengakibatkan sel-sel dalam tubuh sulit merespon insulin dan tubuh akan bereaksi terhadap lemahnya respon insulin dengan mengeluarkan insulin lebih banyak.

Kaki

Kadar glukosa yang tinggi akan merusak sistem syaraf mengakibatkan sering timbul rasa sakit, lemas serta mati rasa untuk beberapa bagian tubuh seperti tangan dan kaki (peripheral neuropathy).

Pembuluh darah

Kolesterol jahat dalam jumlah banyak yang menumpuk di pembuluh darah akan menyumbat dalam pembuluh dan kondisi resistensi insulin akan semakin melemahkannya. Dengan tersumbatnya pembuluh darah dan melemahnya kekuatan pembuluh akan meningkatkan resiko tekanan darah tinggi ke level yang lebih berbahaya.

 

Baca juga: https://yaconaindonesia.co.id/tips-penting-cara-menjaga-kondisi-kaki-pasien-diabetes/