Memulai hidup sehat sebagai pasien diabetes

Diabetes adalah kondisi ketika tubuh tidak memproduksi insulin yang cukup atau tidak merespon insulin yang harus diatasi dengan obat diabetes sesuai saran dokter. Banyak obat diabetes yang direkomendasikan untuk mengatasi masalah gula darah yang tinggi dibandingkan orang normal. Selain obat diabetes yang harus dikonsumsi rutin, ada gaya hidup baru yang harus diikuti pasien diabetes dan hal itu terkadang membuat hidup jadi tidak menyenangkan. Artikel ini akan membahas bagaimana menikmati hidup dengan diabetes dan obat diabetes.

 

Apel

Apel adalah buah yang sangat bagus bagi pasien diabetes. Dengan memakan sebutir apel maka tubuh akan menerima asupan gula yang cukup, kaya serat dan menurunkan berat badan lebih efektif. Buah-buah apel ini tidak akan menyebabkan kenaikan gula darah mendadak setelah makan, maka tidak heran jika apel kemudian menjadi buah yang bisa memberi tambahan energi tanpa menimbulkan masalah kesehatan.

Alkohol swab

Membersihkan luka adalah masalah lain bagi pasien diabetes. Jangan gunakan alkohol swab untuk membersihkan luka sebelum memberi suntikan insulin pada tubuh. Alkohol swab akan menyebabkan kulit kering dan menimbulkan masalah lebih lanjut yang tidak bisa diatasi sekedar dengan obat diabetes. Sebaiknya bersihkan luka dengan sabun dan air terlebih dahulu dan itu sudah cukup. Untuk perawatan yang lebih maksimal bisa dikonsultasikan dengan dokter.

Stock obat diabetes

Pastikan selalu menyediakan obat diabetes atau insulin dalam jumlah cukup menyimpan insulin dan obat-obatan terlalu banyak tidak baik karena terdapat batas kadaluarsa. Sediakan selalu sesuai kebutuhan dan segera tambahkan jumlahnya ketika mulai berkurang.

Makan

Jam makan biasanya berkaitan dengan jam mengonsumsi obat diabetes. Jangan pernah melewatkan jam makan bagi pasien diabetes, terutama untuk sarapan. Ketika pasien diabetes membiarkan jarak antara jam makan satu dengan lainnya terlalu besar atau malah tidak makan sama sekali akan beresiko mengalami penurunan gula darah terlalu banyak. Mereka juga cenderung makan berlebihan di waktu berikutnya. Untuk itu, selalu ikuti jadwal makan yang telah ditentukan sebelumnya.

Makanan manis

Banyak orang berpikir bahwa pasien diabetes sebaiknya berhenti makan makanan manis. Itu tidak sepenuhnya tepat. Saat berencana memakan dessert atau snack manis, imbangi dengan makanan sehat dan olahraga. Konsultasi dengan ahli gizi untuk membuat menu sehat yang menyertakan dessert di dalamnya.

 

Baca juga: http://yakon.co.id/obat-diabetes-herbal-alami-yang-murah-dan-mudah-ditemukan/