RUTIN KONSUMSI OBAT DIABETES KURANGI RESIKO STROKE

Resiko komplikasi stroke pada pasien diabetes dapat meningkat lebih tinggi ketika pasien tidak rutin mengonsumsi obat yang telah diresepkan, makan makanan sehat, dan olahraga teratur. Gula darah tinggi yang tidak dikendalikan dalam waktu lama memang akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan berat pada beberapa organ tubuh seperti jantung, ginjal, kaki, mata dan syaraf. Dan memiliki diabetes juga akan meningkatkan resiko penyakit yang berhubungan dengan cardiovascular hingga mengarah pada stroke.

 

Stroke pada pasien diabetes

Stroke sendiri terjadi ketika supply darah ke otak terputus dan menyebabkan otak tidak menerima nutrisi dan asupan oksigen yang sangat penting. Mengalami stroke akan menyebabkan kerusakan permanen pada otak. Stroke pada pasien diabetes dapat terjadi karena pembuluh darah mengalami kerusakan atau tersumbat oleh tingginya kadar gula dalam darah.

Jika tidak dikendalikan dengan obat diabetes, makanan sehat dan aktifitas fisik, tubuh tidak dapat mengolah seluruh gula yang ada di dalam tubuh. Akibatnya gula akan menempel pada sel darah merah lalu menumpuk dalam darah. Penumpukan ini akan menyumbat dan merusak pembuluh darah yang di seluruh tubuh. Kenaikan yang sedikit saja tetapi terjadi dalam waktu lama meningkatkan resiko stroke, menurut Diabetes UK.

Lalu bagaimana mengatasinya?

Untuk mengurangi resiko kerusakan pada pembuluh darah, pasien diabetes penting untuk menjaga agar HbA1c tetap pada kadar yang ditentukan. Mengendalikannya dapat dengan obat diabetes, mengonsumsi makanan tertentu dan olahraga teratur.

Sama seperti penyakit jantung, kerusakan pembuluh darah yang mengarah pada stroke dapat terjadi akibat tekanan darah tinggi dan kolesterol. Orang-orang dengan diabetes diminta untuk selalu memperhatikan level gula darah, kolesterol dan tekanan darah. Dengan memastikan ketiga faktor tersebut terjaga kestabilannya, maka pasien diabetes dapat hidup lebih baik dan terhindar dari resiko stroke atau penyakit jantung.

Mengurangi resiko stroke dapat dilakukan dengan tidak merokok, memastikan makanan yang dikonsumsi adalah makanan sehat, diet seimbang serta aktifitas fisik. Selalu pastikan juga untuk mengonsumsi obat diabetes resep dari dokter secara teratur. Beberapa obat diabetes dibuat untuk sekaligus melindungi tubuh dengan mengurangi tekanan darah.

 

Baca juga: https://yaconaindonesia.co.id/diabetes-dan-resiko-penyakit-jantung-jika-tidak-mengonsumsi-obat/