OBAT UNTUK DIABETES DAN KUNJUNGAN DOKTER

Mengendalikan gula darah tidak hanya bergantung pada obat diabetes semata, ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi kondisi kesehatan dan bisa menyebabkan komplikasi jika tidak diperhatikan. Kadar gula darah tinggi dalam waktu lama memang akan meningkatkan kemungkinan komplikasi. Nah, yang terpenting ketika ingin memperbaiki kondisi kesehatan selain obat diabetes adalah kunjungan rutin ke dokter. Kunjungan ke dokter membantu untuk memantau kondisi dan mengenali adanya komplikasi sejak awal. Komplikasi yang disadari terlambat dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lebih parah.

Untuk itu ada beberapa dokter yang harus rutin dikunjungi untuk memantau kondisi kesehatan pasien.

 

Ophthalmologist

Mata menjadi salah satu bagian yang beresiko tinggi terkena dampak diabetes. Kadar gula darah tinggi dalam waktu lama akan merusak pembuluh darah, termasuk pembuluh darah di area mata. Pembuluh darah yang pecah akan mengganggu pengelihatan dan menurunkan kemampuan mata untuk melihat. Jika kondisi tersebut tidak segera diobati akan memicu timbulnya berbagai penyakit mata seperti, diabetes retinopathy, katarak hingga pada akhirnya menuju kebutaan.

Mengunjungi dokter mata dan memeriksa kondisi mata membantu banyak dalam pencegahan kondisi mata yang bisa memburuk sewaktu-waktu. Obat diabetes mungkin bisa membantu menurunkan kadar gula darah tetapi tidak berarti resiko kerusakan mata juga jadi berkurang. Karena mendeteksi penyakit mata sejak awal memudahkan dalam penangan selanjutnya.

Dokter gigi

Gigi juga tidak lepas dari resiko komplikasi diabetes. Pasien diabetes akan mengalami kesulitan ketika terluka. Bahkan masalah gigi kecil sekalipun dapat memberi efek buruk pada kesehatan pasien secara keseluruhan. Pasien diabetes sebaiknya mengunjungi dokter gigi dua kali dalam setahun.

Kunjungan dokter rutin

Mengunjungi dokter diabetes rutin tidak sekedar untuk membahas rekomendasi obat diabetes. Buatlah daftar hal-hal apa yang menjadi kecemasan selama ini lalu diskusikan dengan dokter ahli diabetes untuk menentukan langkah apa yang sebaiknya diambil. Obat diabetes bukan metode pengobatan yang bisa diputuskan sendiri karena kondisi setiap orang akan berbeda-berda. Kondisi yang bisa mempengaruhi gula darah seseorang termasuk kecemasan, stress dan tertekan juga harus dikonsultasikan. Ingat, kondisi tubuh masing-masing orang bisa berbeda jadi selalu berkonsultasilah pada dokter spesialis diabetes untuk menentukan metode pengobatan dan rekomendasi obat yang tepat.

 

Baca juga: PENYAKIT AKIBAT GULA DARAH TINGGI YANG HARUS DIWASPADAI