Memperbaiki kesehatan dengan cuka apel

Dalam artikel sebelumnya telah disebutkan bagaimana selain sebagai obat herbal untuk diabetes, cuka apel memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya. Cuka apel disebut sebagai obat herbal untuk diabetes karena kemampuannya dalam meningkatkan sensitifitas tubuh terhadap insulin dan menurunkan kadar gula darah. Selain itu ternyata cuka apel juga mengatasi berbagai masalah kesehatan terkait diabetes seperti dalam artikel ini.

 

Efek antiglikemik

Berbagai penelitian terhadap manusia menunjukkan manfaat cuka apek sebagai obat herbal untuk diabetes dengan memperbaiki respon insulin dan kadar gula darah setelah makan. Perlu dipahami bahwa insulin ada dan dibuat dari dalam tubuh sendiri. Insulin memiliki peran penting bagi tubuh dimana fungsi utamanya adalah mengurangi konsentrasi glukosa dalam kadar pembuluh darah.

Setiap kali tubuh menerima asupan makanan, makan tersebut akan dipecah menjadi glukosa yang masuk ke dalam darah. Pankreas kemudian bereaksi pada glukosa yang masuk dengan menghasilkan insulin untuk membersihkan gula dari dalam darah. Sebagian glukosa akan masuk dalam liver dimana diubah menjadi glycogen untuk digunakan oleh otot.

Insulin kemudian mengubah sisa glukosa lain menjadi asam lemak untuk disimpan dalam bentuk sel lemak sebagai cadangan energi berikutnya. Sementara tubuh mengonsumsi makanan yang menambah kadar gula dalam darah.

Banyak orang kemudian menjadi kebal terhadap insulin yang artinya tubuh memiliki terlalu banyak insulin yang dikeluarkan sehingga tubuh mulai mengabaikannya dan gula tetap bertahan pada pembuluh darah. Kondisi ini sangat baik untuk tubuh yang mengarah pada pembentukan diabetes dan kerusakan kesehatan permanen.

Cuka apel hadir sebagai obat herbal untuk diabetes salah satunya adalah menekan rasa lapar dan meningkatkan perasaan kenyang oleh tubuh. Dengan cuka apel tubuh juga menurunkan respon glikemik terhadap karbohidrat tepung.

Tampaknya diabetes semakin hari semakin mudah menyerang siapa saja dan rasanya cukup menenangkan setelah tahu bahwa obat herbal untuk diabetes dapat ditemukan dari cuka apel. Cuka apel menjadi salah satu bentuk pengobatan terhadap diabetes yang sederhana, mudah namun manfaatnya luar biasa besar.

Sumber: healthy-holistic-living.com