KOMPLIKASI DIABETES DAN KESEHATAN JANTUNG

Komplikasi diabetes bisa menyebabkan berbagai kerusakan di organ dalam tubuh termasuk salah satunya adalah jantung. Mereka yang memiliki penyakit diabetes dua kali lebih beresiko mengalami masalah pada jantung atau terkena penyakit lain yang berhubungan dengan jantung jika dibandingkan mereka yang tidak memiliki penyakit diabetes. Di Amerika sendiri misalnya, penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu jika dibandingkan masalah kesehatan lain. Tentu saja ini harus menjadi peringatan bahwa masalah jantung bukan masalah sederhana, jika tidak ditangani segera bisa jadi masalah yang merenggut nyawa.

Untuk mereka yang memiliki penyakit diabetes wajib hukumnya menjaga kondisi kesehatan jantung dan mencegah komplikasi diabetes yang berhubungan dengan jantung. Apa yang harus dilakukan untuk menjaga agar jantung selalu dalam kondisi sehat?

 

Apa yang harus dilakukan?

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, begitu juga mencegah komplikasi diabetes pada jantung. Ada cara untuk menurunkan resiko serangan jantung, stroke, atau kerusakan pembuluh darah akibat diabetes.

Selalu kendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Konsultasikan dengan dokter metode diet dan olahraga yang berfungsi untuk menjaga agar gula darah tetap stabil. Makanan yang masuk berperan besar terhadap jumlah glukosa yang masuk ke dalam tubuh. Sementara olahraga membantu menjaga jumlah lemak, membantu menurunkan berat badan dan memastikan bahwa glukosa dalam tubuh digunakan secara tepat. Obat diabetes juga penting untuk dikonsumsi tepat waktu jika dokter meresepkan. Jangan menggunakan obat diabetes tanpa konsultasi atau persetujuan dokter.

Jaga tekanan darah tetap stabil. Salah satu hal yang menyebabkan penyakit jantung adalah tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi bisa mengakibatkan jantung bekerja lebih keras, pecahnya pembuluh darah dan mengarah pada resiko stroke.

  • Kolesterol juga harus dijaga kestabilannya. Ketika kadar kolesterol jahat terlalu tinggi juga menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius, salah satunya adalah penyumbatan pembuluh darah. Penyumbatan pembuluh darah bisa berujung pada kerusakan pembuluh darah, jika sampai parah akan menjadi stroke.
  • Kurangilah berat badan jika memang kelebihan berat badan.
  • Sehatkan jantung, sehatkan badan
  • Ketahuilah bahwa menjaga kesehatan jantung bisa membawa banyak kebaikan untuk tubuh.

Selalu ikuti diabetes meal plan yang direncanakan bersama dokter atau ahli gizi. Seperti disebutkan sebelumnya, makanan berperan besar karena setelah masuk ke dalam tubuh makanan akan dipecah menjadi berbagai nutrisi. Ada yang bisa menjaga agar gula darah tetap stabil, ada yang bisa menjaga berat badan dan ada yang menyehatkan organ tubuh lain. Inilah pentingnya mengikuti aturan diet yang benar.

Lakukan olahraga secara rutin atau paling tidak melakukan aktifitas fisik yang membakar lemak dan energi di dalam tubuh.

Konsumsi obat diabetes secara rutin jika diresepkan oleh dokter.

Jika merokok, berhentilah segera. Rokok dan segala macam kandungan di dalamnya sangat tidak baik untuk kesehatan terutama kesehatan jantung. Resiko penyakit jantung akan menjadi berkali-kali lipat pada pasien diabetes yang memiliki kebiasaan merokok.

 

Baca juga: YUK, BELAJAR LAGI TENTANG PENYAKIT DIABETES KETOACIDOSIS