APA ITU A1C DAN KADAR GULA DARAH NORMAL?

Pasien diabetes atau keluarga pasien diabetes pasti pernah mendengar istilah A1C ketika mencari tahu tentang kadar gula darah normal bagi pasien diabetes. A1c adalah salah satu istilah yang akan sering muncul berhubungan dengan penyakit diabetes dan kadar gula darah normal bagi pasien. Kali ini akan dijelaskan tentang A1c dan hubungannya dengan kadar gula darah normal pasien.

 

Apa itu A1c?

Singkatnya A1c adalah hasil pengecekan yang akan menunjukan hasil rata-rata kadar gula darah selama 3 bulan terakhir. Jadi tes ini tidak akan dilakukan terlalu sering, karena yang dibutuhkan adalah kadar gula darah rata-rata. Tujuannya adalah melihat apakah metode pengobatan, diet dan olahraga yang diterapkan memiliki hasil yang berdampak besar bagi kondisi kesehatan pasien. Efek pengobatan, diet dan olahraga yang diterapkan dokter serta ahli gizi memang harus berjangka panjang. A1c melihat apakah kadar gula darah pasien berada dalam batas normal atau tidak sepanjang waktu.

Pengecekan kadar A1c juga bertujuan untuk memantau kondisi kesehatan pasien dan mendeteksi dini kemungkinan komplikasi. A1c dapat melihat kemungkinan apakah pasien diabetes berada dalam resiko komplikasi atau penyakit lain akibat diabetes. Jika kadar A1c seseorang berada dalam level tinggi maka resiko seseorang mengalami berbagai penyakit atau komplikasi akibat diabetes juga semakin tinggi. Begitu juga sebaliknya, jika kadar A1c yang tercatat baik, maka resiko pasien mengalami komplikasi juga lebih kecil. Karena itulah pasien diabetes harus rutin memeriksa rata-rata kadar gula darah 3 bulan terakhir untuk melihat kondisi tubuh jangka panjang.

Kenapa perlu melakukan tes A1c?

Karena hasil tes A1c adalah cara terbaik untuk mengetahui apakah kadar gula darah sehari-hari berada dalam batas wajar atau tinggi. Ketika kadar gula darah 3 bulan terakhir menunjukan kenaikan yang tidak terkontrol maka dokter bisa melakukan penyesuaian terhadap obat-obatan pasien, pola makan serta jenis olahraga yang bisa dilakukan.

Berapa kadar gula darah normal yang harus dicapai?

Angka untuk A1c yang normal adalah 7 atau kurang dari itu. Namun lebih baik jika berada di angka 7 karena berarti rata-rata gula darah tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Di bawah 5 berarti gula darah berada di bawah normal dan di atas 7, sudah harus diwaspadai bahwa gula darah sudah di atas rata-rata.

Namun kembali lagi, lakukan konsultasi dengan dokter diabetes untuk menentukan angka atau goal A1c yang terbaik karena kondisi tubuh tiap orang berbeda-beda, maka angka atau goal yang dicapai juga berbeda-beda.

 

Baca juga: SEBENARNYA APA ITU PENYAKIT DIABETES?