7 Manfaat Umbi Yakon untuk Kesehatan, Ada Mencegah Penyakit Jantung

Yakon merupakan salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan di Indonesia karena beragam manfaatnya dalam bidang kesehatan. Bahkan, umbi yakon memiliki khasiat untuk mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan produksi hormon insulin.

Yakon merupakan salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan di Indonesia karena beragam manfaatnya dalam bidang kesehatan. Bagian tanaman yang paling sering dimanfaatkan dari yakon adalah daun dan umbinya. Dilansir dari jurnal Ilmiah Kesehatan (2018), umbi yakon diketahui memiliki khasiat untuk mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan produksi hormon insulin.

Umbi yakon memiliki bentuk yang mirip seperti wortel, namun dengan ukuran yang besar. Bisa dikatakan umbi yakon sebesar lengan pria dewasa dengan berat sekitar 1 hingga 2 kg pada tiap umbinya. Rasanya  manis dengan tekstur yang identik seperti apel atau pir. Dalam sekali panen, yakon bisa menghasilkan umbi sebanyak 5 hingga 10 buah, loh.

Namun, Anda harus sabar untuk menunggu hasil panen dari umbi yakon, sebab tumbuhan yakon bisa dipanen umbinya setelah berumur 7 hingga 8 bulan. Salah satu tanda bahwa tumbuhan yakon sudah siap dipanen adalah kemunculan bunga yakon yang berbentuk mirip seperti bunga matahari, namun dalam versi kecil. Setelah umbi yakon dipanen, maka tumbuhan yakon harus diganti sebab sudah tidak produktif lagi.

Yakon pertama kali ditemukan di Amerika Selatan, terutama wilayah Andes di Peru. Umbi dari tumbuhan yakon telah menjadi makanan tradisional bagi orang-orang di daerah tersebut. Kemudian, umbi yakon mulai dibudidayakan dan dikembangkan secara selektif untuk meningkatkan produktivitas dan manfaatnya dalam berbagai bidang, salah satunya kesehatan. Kemudian, umbi yakon menyebar dan diperjualbelikan hingga sampailah ke Indonesia. 

Lalu apa saja ya manfaat dan khasiat dari umbi yakon untuk kesehatan kita? Mari kita bahas selengkapnya

1. Menurunkan kadar gula darah

Umbi yakon mengandung berbagai manfaat bagi penderita diabetes, salah satunya membantu menurunkan kadar gula darah. Kadar gula darah yang tinggi memang patut diwaspadai sebab akan mengundang berbagai penyakit, misalnya diabetes hingga penyakit jantung. Nah, salah satu kandungan dari umbi yakon yang bermanfaat mengontrol kadar gula darah adalah Fructooligosaccharides atau FOS.  

FOS dalam umbi yakon berfungsi untuk menghambat enzim alfa-glukosidase yang bertugas memecah karbohidrat dalam tubuh menjadi glukosa. Sebenarnya, pemecahan ini bertujuan untuk menjadikan glukosa sebagai pasokan energi dalam sel otot. Namun, jika kadar glukosa yang ada lebih dari yang diperlukan, maka akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Terhambatnya alfa-glukosidase membuat serapan glukosa yang seharusnya masuk ke dalam darah berkurang, sehingga kenaikan kadar gula dalam darah dapat dicegah. Maka dari itu umbi yakon digunakan sebagai bahan untuk pengobatan diabetes. Ingin tahu lebih lanjut soal penggunaan yakon sebagai pengobatan diabetes? klik di sini.

Selain FOS, umbi yakon juga mengandung senyawa inulin. Senyawa inulin merupakan serat yang tidak dapat dipecah menjadi glukosa. inulin juga berfungsi untuk merangsang produksi hormon glucagon like peptide 1 (GLP-1) yang membantu mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Jadi ketika Anda mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat atau gula, tidak terjadi lonjakan kadar gula darah yang tinggi.

Nah, jika Anda mengonsumsi umbi yakon dan dibarengi dengan pola makan serta olahraga rutin, tentu kadar gula Anda akan turun secara signifikan.

2. Mencegah berat badan berlebih atau obesitas

Umbi yakon juga dapat mencegah berat badan yang berlebihan alias obesitas, loh. Perlu Anda ketahui bahwa berat badan yang berlebihan dapat mengundang penyakit yang berbahaya, seperti penyakit jantung. Sebab kelebihan lemak dalam tubuh dapat mempengaruhi berbagai kesehatan organ.

Senyawa inulin dalam umbi yakon tak hanya dapat mengontrol kadar gula darah, namun juga membantu mencegah kenaikan berat badan dengan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Inulin mengurangi nafsu makan dengan meningkatkan kadar hormon GLP-1 dan PYY di usus. Fungsi dari hormon tersebut adalah memberi sinyal ke otak bahwa tubuh sudah kenyang, sehingga proses pengosongan lambung melambat dan perut terasa kenyang lebih lama. 

Tak hanya itu, inulin juga mempengaruhi metabolisme lemak dalam tubuh. Inulin membantu meningkatkan kadar hormon adiponektin yang bertugas meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan yang terkait dengan obesitas. Dengan mekanisme ini, maka umbi yakon tak hanya mencegah obesitas, namun juga bantu menurunkan berat badan

3. Menurunkan kolesterol

Senyawa FOS dalam umbi yakon dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang diperlukan oleh tubuh dan menjadi salah satu komponen yang penting untuk membangun dinding sel. Kolesterol juga berperan untuk menghasilkan berbagai hormon dan vitamin.

Namun kolesterol akan menjadi masalah jika kadarnya terlalu tinggi dalam tubuh. kolesterol yang tinggi akan menyebabkan pembuluh darah menjadi sempit, kemudian mempengaruhi aliran darah ke jantung, otak serta organ lainnya. Nah, kandungan senyawa FOS dalam umbi yakon ini akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

FOS tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan manusia sehingga dapat mencapai usus besar tanpa terurai. FOS akan mengikat asam empedu di usus halus serta mengeluarkannya dari tubuh. Hal ini akan menyebabkan penurunan kadar kolesterol sebab hati membutuhkan asam empedu dalam memproduksi kolesterol.

4. Melindungi tubuh dari kerusakan oksidasi

Umbi yakon memiliki efek antioksidan karena mengandung senyawa fenolik dan vitamin C. Nah, senyawa fenolik ini memiliki berbagai manfaat biologis seperti antioksidan, anti inflamasi hingga anti kanker. Senyawa fenolik akan membantu melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif ataupun peradangan. Senyawa ini juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C dalam umbi yakon juga berperan sebagai antioksidan. Vitamin C bekerja melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas dapat terbentuk dalam tubuh sebagai hasil dari metabolisme normal, paparan polutan lingkungan, atau faktor-faktor lainnya. Nah, vitamin c bekerja untuk vitamin C dapat membantu menetralkan radikal bebas dengan mengambil elektron yang hilang dari molekul-molekul yang teroksidasi.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Selain berfungsi sebagai antioksidan, vitamin C dalam umbi yakon juga berperan dalam pembentukan kolagen, yakni protein yang membantu memperkuat jaringan-jaringan tubuh, termasuk kulit, tulang, dan pembuluh darah. Vitamin C dapat meningkatkan absorbsi zat besi dalam tubuh, yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah.

Hal ini akan meningkatkan kesehatan kulit Anda.

6. Meningkatkan kesehatan tulang

Umbi yakon juga dapat meningkatkan kesehatan tulang Anda, loh. Senyawa inulin dalam umbi yakon dapat membantu meningkatkan absorbsi kalsium dalam tubuh. Kalsium merupakan mineral penting yang diperlukan untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang yang sehat. Selain itu, inulin bekerja untuk membantu membantu meningkatkan kepadatan tulang dengan meningkatkan absorbsi mineral seperti kalsium dan magnesium.

Dengan kandungan inulin dalam umbi yakon, maka pemeliharaan kesehatan tulang Anda akan terjaga.

7. Menurunkan resiko penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular merupakan kelompok penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah termasuk jantung koroner, stroke, maupun arteri koroner yang sempit. Umbi yakon memiliki kandungan polifenol dan flavonoid yang dapat mencegah terjadinya resiko penyakit kardiovaskular. Kedua kandungan ini dapat memperlebar pembuluh darah, sehingga aliran darah ke jantung meningkat. lancarnya aliran darah akan memperbaiki fungsi organ jantung.

Itulah 7 manfaat umbi yakon untuk kesehatan tubuh. Ingin tahu lebih lanjut perihal pengolahan umbi yakon menjadi berbagai makanan lezat? klik di sini ya.

Jangan lupa untuk tetap menerapkan pola hidup sehat ketika mengonsumsi umbi yakon ya, agar kesehatan tubuh Anda lebih maksimal. Semoga bermanfaat!