Peradangan merupakan hal normal dalam tubuh, namun jika terlalu banyak akan merusak jaringan. Melalui anti inflamasi dari daun yakon, peradangan yang merusak tubuh akan dicegah. Yuk ketahui lebih lanjut soal anti inflamasi daun yakon!

Daun yakon memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Yakon pertama kali ditemukan di daerah Amerika Latin dan sering dimanfaatkan bagian daun serta umbinya. Di daerah asalnya daun yakon digunakan sebagai pengobatan herbal untuk sakit kepala, infeksi, peradangan, demam, kadar kolesterol dan gula darah tinggi. Bahkan karena manfaatnya untuk menurunkan kadar gula darah, daun yakon mendapat julukan Daun Insulin. Penasaran kenapa daun yakon mendapat julukan Daun Insulin? klik di sini yuk.

Daun yakon memiliki bentuk yang mirip dengan daun kubis atau selada dengan panjang 10-20 cm dan lebar 5-10 cm. Daun yakon memiliki warna hijau gelap dan permukaan yang halus dengan pinggiran yang bergerigi atau bergigi halus.Daun ini juga memiliki tekstur yang lembut dan tidak terlalu tebal, dengan urat daun yang cukup jelas. 

Setiap batang tanaman yakon dapat menghasilkan beberapa daun, yang sering dipanen dan dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Daun yakon biasanya digunakan dalam bentuk segar (ketika baru dipanen) atau sudah dikeringkan, tergantung pada kebutuhan penggunaannya. Di beberapa negara, daun yakon juga diekstrak untuk membuat suplemen kesehatan yang mengandung senyawa-senyawa bioaktif seperti flavonoid dan asam klorogenat. 

Penelitian dari UNESA Journal of Chemistry (2021), daun yakon memiliki efek anti inflamasi yang mampu meredam terjadinya inflamasi. Tanaman ini juga dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi pada organ dengan cara menghambat atau membunuh sel penyebab penyakit. Namun, apa itu anti inflamasi? Mengapa inflamasi bisa terjadi dalam tubuh? Dan apa saja senyawa daun yakon yang bermanfaat sebagai anti inflamasi?

Apa itu Inflamasi?

Inflamasi merupakan bentuk respon sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi, cedera ataupun rangsangan lainnya. Proses inflamasi adalah bagian dari mekanisme pertahanan alami tubuh untuk melindungi jaringan dan organ dari kerusakan lebih lanjut dan membantu dalam proses penyembuhan. Jadi pada dasarnya inflamasi adalah hal yang normal, ya. Contoh kecil dari inflamasi adalah jika Anda memiliki luka yang terinfeksi bakteri maka luka tersebut akan mengeluarkan nanah.

Inflamasi bisa terjadi karena beberapa hal seperti infeksi bakteri atau virus, cedera fisik,  paparan bahan kimia atau zat asing, reaksi autoimun hingga kondisi penyakit kronis. Ketika terjadi inflamasi, tubuh akan merespon dengan mengirimkan sel-sel kekebalan, enzim, dan protein ke daerah yang terkena. Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti kemerahan, pembengkakan, rasa sakit, dan demam.

Jika inflamasi berlangsung terus-menerus atau terjadi dalam jangka waktu yang lama, akan berbahaya. Sebab hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Oleh karena itu, penting untuk mengelola inflamasi dengan cara menjaga gaya hidup dan mengonsumsi makanan sehat yang dapat memiliki khasiat sebagai anti inflamasi. Salah satunya adalah daun yakon. Penasaran manfaat apa saja yang ada pada daun yakon

Manfaat Anti Inflamasi dalam Daun Yakon

Yakon (Smallanthussonchifolius) - Ekstrak Daun Ajaib

1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Daun yakon memiliki efek anti inflamasi karena mengandung berbagai senyawa bioaktif seperti flavonoid, polifenol, terpenoid, dan senyawa lainnya yang memiliki aktivitas antioksidan dan anti-inflamasi. Ketika terjadi peradangan dalam tubuh, tubuh melepaskan senyawa yang disebut sitokin dan prostaglandin yang memicu respons inflamasi. Proses inflamasi tersebut dapat menyebabkan rasa sakit, pembengkakan hingga memicu resiko penyakit jantung.

senyawa flavonoid dan polifenol dalam daun yakon dapat mencegah penyakit jantung adalah dengan menghambat pembentukan plak di dalam arteri. Senyawa tersebut dapat mengurangi oksidasi LDL (kolesterol jahat) dalam darah, yang merupakan salah satu faktor yang memicu pembentukan plak di dalam arteri.

Kedua senyawa ini juga membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Senyawa-senyawa tersebut dapat menghambat produksi sitokin dan prostaglandin. Maka dari itu, dengan mengonsumsi daun yakon maka penyakit jantung akan tercegah.

2. Menurunkan tekanan darah 

Tekanan darah yang tinggi dapat berkaitan dengan peradangan yang terjadi dalam tubuh, loh. Tekanan darah tinggi (hipertensi) seringkali terkait dengan peradangan kronis yang terjadi pada dinding pembuluh darah. Proses inflamasi tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada dinding pembuluh darah, sehingga meningkatkan resistensi pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah.

Senyawa anti-inflamasi dalam daun yakon dapat mengurangi peradangan pada dinding pembuluh darah, sehingga membantu menjaga kekuatan dan elastisitas pembuluh darah. Selain itu, senyawa antioksidan dalam daun yakon juga dapat membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat lainnya dari anti inflamasi daun yakon adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa anti inflamasi dalam daun yakon dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi sel darah putih, meningkatkan aktivitas fagositosis, dan merangsang produksi antibodi. Sel darah putih seperti limfosit, monosit, dan makrofag merupakan komponen penting dari sistem kekebalan tubuh sehingga membantu meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap infeksi dan penyakit.

Selain itu, asam klorogenat dan flavonoid dalam daun yakon juga memiliki sifat antioksidan yang kuat, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan meredakan peradangan. Karena peradangan kronis dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan dapat membantu meningkatkan respons kekebalan tubuh. Ingin tahu lebih lanjut soal manfaat antioksidan daun yakon untuk kesehatan dan kecantikan? klik di sini.

4. Meningkatkan sistem fungsi pencernaan

Daun yakon memiliki berbagai senyawa anti inflamasi yang dapat mempengaruhi aktivitas sistem saraf parasimpatis. Beberapa senyawa kolinergik dalam daun yakon adalah inulin, oligofructose, dan fruktosa.

Nah, ketika Anda mengonsumsi daun yakon, senyawa kolinergik dapat mempengaruhi sistem pencernaan dengan meningkatkan aktivitas enzim pencernaan seperti amilase, lipase, dan protease. Selain itu, senyawa ini juga dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus yang dapat membantu memecah makanan dan menghasilkan zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh.

Senyawa anti inflamasi dalam daun yakon juga dapat membantu meredakan peradangan pada saluran pencernaan, yang dapat memperbaiki kesehatan usus dan memperbaiki fungsi pencernaan secara keseluruhan. Maka dari itu, dengan mengonsumsi daun yakon fungsi pencernaan akan meningkat

5. Menurunkan kadar gula darah

Kadar gula darah yang tinggi dapat menimbulkan peradangan, sehingga sebisa mungkin Anda menjaga kadar gula darah dalam batas normal. Daun yakon mengandung beberapa senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah tinggi antara lain inulin, oligofructose, dan fruktosa. Senyawa inulin dan oligofructose dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, yaitu kemampuan sel tubuh untuk merespons insulin. Hal ini dapat membantu meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel dan menurunkan kadar gula darah.

Tak hanya itu, kedua senyawa tersebut juga dapat meningkatkan produksi hormon inkretin di usus, yang dapat membantu meningkatkan produksi insulin oleh pankreas dan menurunkan kadar gula darah. Selain itu, senyawa fruktosa yang dikandung daun yakon dapat menunda penyerapan glukosa dalam usus kecil, sehingga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Ingin tehu lebih lanjut soal manfaat daun yakon untuk diabetes? klik di sini.

itulah 5 manfaat anti inflamasi dalam daun yakon untuk tubuh kita. Perlu Anda ketahui, peradangan memanglah hal yang normal terjadi dalam tubuh, namun jika terlalu sering maka berpotensi berbahaya bagi tubuh, makanya Anda memerlukan anti inflamasi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!