5 Manfaat Daun Yakon sebagai Antioksidan untuk Kesehatan dan Kecantikan

Banyak manfaat dari daun yakon, salah satunya adalah sebagai sumber antioksidan alami. Tahukah Anda, antioksidan dalam daun yakon ini bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan?

Daun yakon memang telah lama dikenal sebagai daun insulin. Tapi kenapa ya daun yakon dijuluki Daun Insulin? Yuk cari tahu di sini. Karena julukannya ini lah banyak yang tidak mengetahui bahwa daun yakon juga menjadi salah satu sumber antioksidan alami. Tak tanggung-tanggung, antioksidan dalam daun yakon bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan, loh.

Daun yakon memiliki bentuk yang serupa dengan daun kol dan daun bunga matahari. Lebih jelasnya, bentuk daun yakon seperti hati atau oval dengan tepi yang bergerigi dan berlobus. Tangkainya yang panjang memiliki fungsi untuk menautkan daun dengan batang. Daunnya berwarna hijau cerah hingga tua, tergantung umur daun. 

Permukaan daun yakon berbulu halus. Selain itu, daun yakon memiliki ukuran yang bervariasi sesuai kondisi tumbuhnya.Umumnya, daun yakon memiliki panjang mulai dari 10 hingga 20 cm dengan lebar mencapai 10 cm. Untuk masa panen, daun yakon bisa dipanen ketika tumbuhan sudah berumur sekitar 7 bulan. Panen daun ini dilakukan hingga 10 kali masa panen. Ketika bunga yakon sudah tumbuh, maka tandanya kualitas daun sudah menurun, sehingga panen umbi yakon harus dilakukan dan tanaman akan diganti. Penasaran tentang cara budidaya yakon? klik di sini ya.

Kandungan dari daun yakon sendiri cukup beragam, hingga sering digunakan untuk berbagai macam masalah kesehatan. Pada daerah asalnya, yakni Amerika Latin, daun yakon dimanfaatkan untuk penyembuhan sakit kepala, infeksi, demam, kolesterol tinggi, penurunan berat badan hingga mengontrol kadar gula darah. Ingin tahu lebih lanjut tentang manfaat daun yakon menurunkan kadar gula darah? klik di sini yuk

Daun yakon juga memiliki potensi untuk menghalau penyakit-penyakit degeneratif seperti kanker, diabetes hingga penyakit jantung karena memiliki efek sebagai antioksidan. Tak hanya berfungsi untuk kesehatan, antioksidan dalam daun yakon juga berfungsi untuk kecantikan, loh. 

Penasaran? simak lebih lanjut ya

Apa itu Antioksidan?

Yakon (Smallanthussonchifolius) - Ekstrak Daun Ajaib

Dilansir dari Kemenkes.go.id, antioksidan merupakan zat (baik alamiah maupun buatan) yang dapat mencegah dan menunda kerusakan sel akibat proses oksidasi oleh oksidan. Nah, oksidan ini merupakan radikal bebas (molekul reaktif perusak sel atau organ tubuh) yang terdapat dari lingkungan ataupun diproduksi secara alami dalam tubuh kita. Oksidan muncul dalam tubuh sebagai hasil dari metabolisme normal, sedangkan oksidan dari lingkungan berbentuk seperti paparan UV, polusi ataupun makanan tidak sehat.

Antioksidan dapat ditemukan pada makanan sehat seperti buah-buahan dan sayur-mayur. Antioksidan bekerja dengan cara menetralisir radikal bebas dan mencegah kerusakan sel. Beberapa contoh senyawa antioksidan yang sering dikonsumsi meliputi vitamin C, vitamin E, beta-karoten, selenium, dan flavonoid. Sehingga mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan akan mengurangi risiko terkena penyakit degeneratif, seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Selain itu, antioksidan juga diketahui memiliki efek positif pada kesehatan kulit. Hal ini disebabkan karena antioksidan dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga elastisitas kulit terjaga. Antioksidan juga dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit, seperti keriput dan garis halus.

Daun yakon diketahui memiliki berbagai senyawa yang bersifat antioksidan, sehingga dapat meningkatkan kesehatan. Beberapa senyawa diantaranya adalah fenolik, flavonoid, asam askorbat (vitamin C) dan carotenoid. 

Lalu apa saja ya fungsi dari antioksidan daun yakon untuk kesehatan dan kecantikan kita? Yuk simak selengkapnya!

Manfaat Antioksidan Daun Yakon

Berikut adalah beberapa manfaat antioksidan dari daun yakon:

1. Mencegah dan mengobati penyakit

Daun yakon memiliki berbagai senyawa antioksidan alami seperti fenolik, flavonoid, asam askorbat (vitamin C) dan carotenoid yang membantu mencegah dan mengobati penyakit. Senyawa fenolik dan flavonoid dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan terjadinya mutasi sel hingga pertumbuhan sel kanker. Maka dari itu, dengan mengonsumsi daun yakon secara rutin Akan membantu Anda menghindari berbagai penyakit.

2. Mencegah penyakit jantung

Kesehatan jantung sangat penting bagi kualitas hidup seseorang. Jantung merupakan organ yang bertanggung jawab memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga memastikan semua organ dan jaringan mendapatkan oksigen hingga nutrisi yang cukup. Kondisi yang buruk pada jantung dapat mengganggu aliran darah, sehingga mengundang penyakit yang berbahaya seperti serangan jantung, stroke, gagal jantung, dan penyakit jantung koroner.

Nah, senyawa polifenol dan flavonoid bertindak sebagai antioksidan yang membantu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Senyawa ini juga memperlebar pembuluh darah agar aliran darah menjadi lebih lancar. Tak hanya itu, kandungan serat dan senyawa inulin dalam daun yakon juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Mengatasi gangguan pencernaan

Ternyata, sifat antioksidan dalam daun yakon juga berfungsi untuk mengatasi gangguan pencernaan tubuh, loh. Senyawa yang berperan dalam kesehatan pencernaan ini adalah inulin. Senyawa inulin merupakan jenis serat makanan yang tidak dapat dicerna tubuh, sehingga tidak meningkatkan kalori.

Senyawa inulin dalam daun yakon dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus, serta membantu meningkatkan penyerapan nutrisi. Kondisi usus yang sehat akan berpengaruh secara signifikan pada berkurangnya gangguan pencernaan, seperti sembelit dan diare.

4. Menjaga kesehatan kulit

Melalui konsumsi daun yakon, kesehatan kulit Anda juga akan terjaga sebab daun yakon memiliki kandungan vitamin C. Vitamin C dalam umbi yakon berperan dalam membentuk kolagen, yakni protein yang bertugas untuk memperkuat jaringan-jaringan tubuh seperti kulit, tulang hingga pembuluh darah. Tak hanya itu, vitamin c juga mampu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Zat besi ini menjadi komponen yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Sel darah merah yang terbentuk dengan baik akan meningkatkan kesehatan kulit Anda. 

5. Mencegah penuaan dini

Senyawa antioksidan dalam daun yakon dapat mencegah penuaan dini dengan cara melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yang dapat merusak kulit. Radikal bebas dapat dihasilkan oleh berbagai faktor seperti paparan sinar matahari, polusi, rokok hingga stres. Kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dapat menyebabkan berbagai tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput, garis halus, dan kulit kusam. Senyawa antioksidan dalam daun yakon dapat membantu Anda mencegah kerusakan kulit dengan menangkap radikal bebas dan mencegahnya merusak sel.

Selain itu, senyawa antioksidan dalam daun yakon juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Kolagen adalah protein struktural yang penting bagi kekuatan dan kekenyalan kulit. Produksi kolagen dapat menurun seiring bertambahnya usia atau karena paparan faktor lingkungan tertentu. Dengan meningkatkan produksi kolagen, senyawa antioksidan dalam daun yakon dapat membantu menjaga kekenyalan dan kelembaban kulit, serta memperlambat proses penuaan kulit.

Itulah manfaat-manfaat daun yakon sebagai sumber antioksidan tubuh. Apakah Anda tertarik mencobanya?