Obat diabetes herbal dan perubahan gaya hidup

Ada begitu banyak cara untuk membantu tubuh mengendalikan gula darahnya, mulai dari obat diabetes herbal atau bukan serta perubahan gaya hidup. Mengubah gaya hidup juga salah satunya adalah kecenderungan masyarakat untuk mulai mengonsumsi obat diabetes herbal dibandingkan obat diabetes berbahan kimia. Obat diabetes herbal berasal dari berbagai macam sumber ramuan herbal yang mudah ditemukan di sekitar rumah dan salah satunya adalah kunyit. Kunyit ternyata memiliki manfaat besar bagi pasien diabetes hingga disarankan untuk mulai menggunakan kunyit sebagai tambahan dimanapun selagi bisa.

 

Menggunakan kunyit untuk kesehatan

Menggunakan kunyit sebagai bahan makanan atau suplemen kesehatan dapat memperbaiki kadar lipid (kolesterol dan trygliserida) dalam tubuh seseorang dan mengurangi resiko masalah kardiovaskular. Banyak penelitian internasional yang menyebutkan bahwa adanya zat bioaktif dalam kunyit yang disebut curcuminoid dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan berkontriburasi pada pengurangan resiko masalah jantung pada pasien diabetes tipe 2 dan yang memiliki kontrol buruk terhadap lipid.

Sejauh ini, beberapa hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal internasional yaitu International Journal of Endrocronology and Metabolism memberi dukungan penuh pada penggunaan kunyit sebagai obat diabetes herbal. Dalam artikel tersebut ditunjukkan bagaimana kunyit mampu berperan besar dalam menyembuhkan serta mencegah diabetes tipe 2.

Kunyit mampu mengurangi produksi glukosa dan glikogen pada liver. Kemudian mendorong untuk meningkatkan penggunaan glukosa pada tubuh. Kunyit juga mendorong pengeluaran insulin dari dalam jaringan pankreas. Ditambah lagi dengan meningkatkan fungsi sel-sel pankreas serta meningkatkan reseptor insulin dan mengurangi resistensi insulin.

Penelitian yang dilakukan pada pasien diabetes dan pra-diabetes menunjukkan bagaimana kunyit memiliki beberapa efek pada tubuh. Kunyit dapat menurunkan efek glukosa, meningkatkan fungsi sel beta dan meningkatkan oksidasi dan pemanfaatan asam lemak.

Salah satu penelitian tersebut juga patut untuk diperhatikan bahwa ekstrak dari dalam kunyit sangat efektif dalam pencegahan perkembangan diabetes pada orang-orang pra-diabetes. Penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2012 dalam jurnal American Diabetic Association menemukan bagaimana 6 kapsul yang mengandung 250 mg perhari selama 9 bulan seratus persen efektif mencegah pertumbuhan diabetes tipe 2 pada pra-diabetes.

Melihat tingginya kemungkinan tersebut maka mulai sekarang gunakanlah kunyit sebagai obat diabetes herbal alami dalam setiap masakan. Bisa sebagai toping atau dicampurkan bersama teh kayu manis setiap pagi.

 

Baca juga: http://yakon.co.id/obat-diabetes-herbal-untuk-memperbaiki-mood/