HERBAL PALING BERMANFAAT UNTUK OBAT DIABETES

Dalam artikel sebelumnya telah disebutkan bahwa ada beberapa macam herbal yang bisa dijadikan obat untuk mengatasi dan mencegah diabetes. Secara singkat memang sudah ada beberapa yang bisa dijadikan bahan makanan atau dalam bentuk suplemen obat diabetes herbal. Tapi tidak lengkap rasanya jika tidak ada herbal yang berperan sebagai obat diabetes yang bisa dibuat menjadi minuman. Berikut ini ada beberapa tanaman herbal yang diolah menjadi minuman menyehatkan untuk pasien diabetes.

 

Ginseng

obat herbal untuk diabetes

Dikenal karena kemampuannya meningkatkan sistem imun dan melawan berbagai penyakit, ginseng juga obat diabetes herbal yang paling banyak diandalkan. Ginseng akan melambatkan penyerapan karbohidrat, meningkatkan kemampuan sel menggunakan glukosa dan meningkatkan produksi insulin dari pankreas. Ginseng sendiri dapat menurunkan kadar gula darah 10-20 persen. Cobalah untuk membuat seduhan ginseng atau mengonsumsi teh ginseng yang saat ini banyak dijual di pasaran.

Chamomile tea

obat diabetes herbal

Chamomile tea ternyata terbukti sebagai obat herbal yang baik untuk diabetes karena mampu menurunkan kadar gula darah dan mencegah munculnya diabetes tipe 2 atau mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh gula darah tinggi. minum teh chamomile pada saat makan atau segera setelah makan akan membantu menjaga gula darah tetap terkontrol.

Tulsi leaf tea – holy basil tea

obat herbal diabetes

Daun tulsi atau dikenal juga dengan nama holy basil, masih berada dalam satu keluarga dengan basil yang sering digunakan sebagai bahan masakan Barat. Tulsi memiliki kemampuan sebagai bahan untuk pengobatan salah satunya untuk pasien diabetes tipe 2. Hampir sama seperti chamomile, tulsi juga bisa menurunkan kadar gula darah, meredakan stress dan kecemasan, dan melindungi tubuh dari kerusakan akibat stress.

Kayu manis

obat herbal untuk diabetes

Kayu manis adalah herbal yang cukup terkenal sebagai penambah rasa atau pengganti gula dan ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan gula darah. Untuk mereka yang memiliki resiko atau bahkan sudah memiliki diabetes tipe 2 atau mereka yang ingin menjaga kestabilan gula darahnya, sebaiknya mulai menambahkan kayu manis baik dalam makanan atau minumannya. Pastikan untuk menggunakan bubuk kayu manis asli, bukan gula kayu manis. Selain sebagai penambah rasa, kayu manis sendiri sering diseduh sebagai minuman hangat.

 

Baca juga: https://yaconaindonesia.co.id/herbal-untuk-obat-diabetes-dan-mencegahnya/