PENTINGNYA MERAWAT KONDISI KAKI DI SAMPING OBAT HERBAL DIABETES

Kesehatan kaki

Salah satu keharusan bagi diabetesi selain memperbanyak konsumsi obat herbal diabetes adalah dengan rajin merawat tubuh terutama bagian kaki. Kaki adalah salah satu komplikasi yang sering terjadi pada orang-orang pengidap diabetes. Masalah yang terjadi pun beragam, mulai dari luka berdarah yang tak kunjung sembuh, infeksi bateri atau jamur hingga pembusukan jaringan yang menyebabkan amputasi. Penyebab masalah pada kaki pengidap diabetes dapat dibagi menjadi dua hal yaitu aliran darah yang buruk dan adanya kerusakan pada saraf. Aliran darah yang buruk dapat disebabkan oleh kadar gula darah yang terlalu tinggi dalam waktu lama. Buruknya aliran darah dapat menyebabkan kaki kekurangan nutrisi, menjadi lemah, mudah luka dan sulit sembuh dari luka. Sedangkan kerusakan saraf akan menyebabkan seseorang kehilangan sensitifitas pada rasa nyeri yang membuatnya tidak sadar jika mengalami luka. Menjaga kesehatan kaki bagi pengidap diabetes sama pentingnya dengan rutin meminum obat herbal diabetes. Berikut beberapa cara menjaga kondisi kaki agar selalu sehat.

Cara merawat kesehatan kaki

Yang pertama dan terutama adalah menjaga kadar gula darah dalam tubuh agar selalu terkontrol. Rutin mengonsumsi obat herbal diabetes yang dapat membantu mengontrol gula darah, berolahraga dan melakukan diet dapat membantu gula darah dalam tubuh tetap stabil. Penyebab utama kondisi kaki menjadi tidak sehat adalah karena kadar gula darah yang terlalu tinggi.

Selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan kaki. Semakin tinggi aktifitas yang dilakukan dalam sehari, semakin sering seharusnya seseorang untuk membersihkan kaki. Bagi diabetesi sebaiknya mencuci kaki dengan air dan sabun anti-septik yang terpercaya. Gosoklah kaki dengan secara perlahan dan lembut, setelah dibilas keringkan dengan handuk sampai benar-benar kering lalu taburkan bedak agar kaki tidak lembab.

Merendam kaki di air panas juga sebaiknya dihindari oleh pengidap diabetes karena dapat menyebabkan kulit ari menjadi tipis dan mudah rusak. Jika memang ingin merendam kaki, gunakan air hangat yang dicampur garam untuk menghindari keasaman kulit dan mematikan bakteri. Kaki harus selalu dijaga kelembaban dan keasamannya untuk menghindari bakteri bermunculan pada kulit kaki. Jangan abaikan penggunaan bedak tabur pada kaki atau krim pelembab serta rajin membersihkan kaki menggunakan anti-septik.

Itu tadi sedikit tentang bagaimana merawat kaki pada pengidap diabetes karena menjaga kesehatan kaki adalah hal yang penting seperti konsumsi obat herbal diabetes. Tentang bagaimana merawat luka pada diabetesi akan dibahas pada artikel berikutnya.

Sumber: diabetic1.com

 

Baca juga: https://yaconaindonesia.co.id/6641-2/