Perbaikan Sel Beta Pankreas pada Penderita Diabetes dengan Daun Yakon

 

Meski diabetes melitus terjadi karena kenaikan gula darah, namun tahukah Anda kerusakan sel beta pankreas dapat menjadi pemicu utama terjadinya diabetes? Nah, berikut ini adalah beberapa fungsi dari daun yakon untuk memperbaiki kerusakan sel beta pankreas Anda.

 

Daun yakon memang dikenal memiliki berbagai macam kandungan yang berkhasiat untuk berbagai penyakit seperti kolesterol tinggi, menurunkan kadar gula darah secara alami hingga memperbaiki kerusakan sel beta pankreas pada penderita diabetes. Namun tahukah Anda bahwa organ pankreas memegang peranan penting pada penyebab diabetes?

Banyak yang beranggapan bahwa diabetes disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi gula. Meski benar, namun hal ini tidak sepenuhnya tepat. Sebab masih ada komponen lain yang sangat memengaruhi seseorang memiliki diabetes, yakni kerusakan sel beta pankreas. Nah, sel beta pankreas ini bertugas untuk produksi hormon insulin, yang membantu mengatur kadar gula darah. 

Ketika Anda makan, maka karbohidrat akan dipecah oleh tubuh menjadi glukosa. Nah kadar gula (glukosa) darah menjadi meningkat, sehingga sel beta di pankreas akan merespons dengan mengeluarkan hormon insulin ke dalam darah. Hormon Insulin ini bertugas untuk membantu mengarahkan glukosa dari darah ke sel-sel tubuh, agar glukosa dapat digunakan sebagai sumber energi atau untuk disimpan sebagai cadangan glikogen di hati dan otot. Jika sel beta tidak dapat memproduksi insulin yang cukup, maka kadar gula darah akan tinggi dan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti diabetes melitus.

Maka dari itu, diperlukan tindakan hingga pengobatan yang tepat untuk penyembuhan sel beta pankreas yang sudah terlanjur rusak pada penderita diabetes. Berbagai penelitian dilakukan untuk mengobati kerusakan sel beta pankreas, salah satunya dengan menggunakan daun yakon yang mendapat julukan Daun Insulin.

Pada penelitian Prosiding Simposium Nasional Peluang dan Tantangan Obat Tradisional dalam Pelayanan Kesehatan Formal (2014), menunjukkan bahwa daun yakon yang dikonsumsi secara rutin akan menyembuhkan kerusakan sel beta pankreas. Hal ini dikarenakan daun yakon mengandung senyawa etanol yang mampu menurunkan kadar gula darah secara alami. Daun yakon juga mengandung senyawa yang memiliki efek antioksidan sehingga dapat menghambat radikal bebas yang merusak organ pankreas.

Nah sebelum kita membahas manfaat daun yakon dalam memperbaiki kerusakan sel beta pankreas, ada baiknya kita mengetahui penyebab kerusakan sel beta pankreas pada penderita diabetes. Simak selengkapnya ya

Mengapa kerusakan sel beta pankreas bisa terjadi?

Seperti yang kita ketahui, sel beta pankreas yang mengalami kerusakan akan menyebabkan kinerja hormon insulin terganggu. Kerusakan sel beta pankreas yang terjadi akan menyebabkan produksi insulin menurun hingga berhenti sama sekali. Hal ini akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah dan menjadi diabetes. Ada dua jenis diabetes, yakni diabetes tipe 1 dan tipe 2. Keduanya memiliki penyebab kerusakan sel beta pankreas yang berbeda.

1. Diabetes Tipe 1

Penyakit diabetes tipe 1 disebabkan oleh respons autoimun yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang dan merusak sel beta pankreas. Sebagai akibatnya, sel beta tidak mampu memproduksi insulin yang cukup untuk mengatur kadar gula darah. Hal ini pun menyebabkan kenaikan kadar gula darah.

2. Diabetes Tipe 2

Penyakit diabetes tipe 2 disebabkan oleh kombinasi faktor gaya hidup dan genetik yang menyebabkan sel beta kelelahan atau mengalami kerusakan akibat tingginya kadar gula darah. Kondisi ini disebut resistensi insulin, yang menyebabkan sel-sel tubuh kurang responsif terhadap insulin. Sebagai akibatnya, sel beta pankreas akan memproduksi insulin lebih banyak sehingga mengalami kelelahan dan rusak. Sel beta pankreas yang rusak ini akan berpengaruh secara signifikan pada kenaikan kadar gula darah.

Kerusakan sel beta pankreas pada kedua jenis diabetes menyebabkan produksi insulin menurun dan menyebabkan ketidakseimbangan dalam regulasi gula darah. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kerusakan organ dan saraf jangka panjang.

Lalu bagaimana ya kinerja daun yakon dalam mengatasi kerusakan sel beta pankreas? Yuk simak manfaat daun yakon ini!

Manfaat daun yakon untuk memperbaiki kerusakan sel beta pankreas

YAKON - KEMBALI SEHAT, KEMBALI BAHAGIA

Berikut adalah beberapa manfaat daun yakon untuk memperbaiki kerusakan sel beta pankreas : 

1. Melindungi sel beta pankreas

Sel beta pankreas menjadi sel khusus yang bertanggung jawab untuk memproduksi dan mengeluarkan insulin ke dalam darah. Namun, sel beta pankreas rentan terhadap kerusakan akibat stres oksidatif yang dapat disebabkan oleh radikal bebas. 

Oleh karena itu, melalui senyawa-senyawa antioksidan dalam daun yakon seperti flavonoid, asam fenolat, dan asam askorbat akan membantu melindungi sel beta pankreas dari kerusakan stres oksidatif. Tak hanya itu, ketiga senyawa ini juga mempertahankan fungsi normal sel beta pankreas. 

Ketiganya bekerja untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang terbentuk dalam proses metabolisme normal dan faktor lingkungan seperti radiasi ultraviolet, polusi, dan zat-zat kimia berbahaya. Sel beta pankreas pun terhindar dari kerusakan dan dapat bekerja dengan normal.

2. Meningkatkan produksi insulin

Mengonsumsi daun yakon secara rutin dapat meningkatkan produktivitas insulin. Hal ini karena daun yakon mengandung senyawa aktif yang membantu pankreas agar lebih produktif. Senyawa aktif tersebut bernama fruktan. 

Senyawa fruktan merupakan jenis karbohidrat yang hanya dapat dicerna oleh bakteri di usus besar. Fruktan yang terkandung dalam yacon dapat meningkatkan produksi GLP-1 (glucagon-like peptide 1) dan PYY (peptide YY) yang merupakan hormon usus. Hormon usus ini bermanfaat untuk merangsang produksi insulin oleh sel beta pankreas. Hal ini akan membuat tubuh memiliki hormon insulin yang cukup untuk menurunkan kadar gula darah.

3. Menjadi anti-apoptosis untuk sel beta pankreas

Anti-apoptosis pada sel beta pankreas artinya mencegah dan menghambat kematian sel yang terjadi secara alami pada sel-sel yang rusak, tua, atau tidak berfungsi dengan baik di pankreas. Namun, jika apoptosis terjadi pada sel beta pankreas yang sehat dan normal, ini dapat mengakibatkan kerusakan pada jaringan pankreas dan mengurangi produksi insulin yang diperlukan untuk mengatur kadar gula darah.

Daun yakon memiliki khasiat sebagai anti-apoptosis karena memiliki senyawa etanol. Senyawa etanol bekerja untuk mencegah kematian sel beta pankreas agar tubuh tidak mengalami kekurangan insulin.

4. Mengurangi resistensi insulin

Selain meningkatkan produktivitas insulin, daun yakon juga membantu mengurangi resistensi tubuh terhadap insulin. Hal ini akan menyebabkan tubuh dapat menggunakan glukosa dengan baik. Senyawa dalam daun yakon yang membantu menurunkan resistensi insulin adalah inulin.

Senyawa inulin dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di usus, seperti Bifidobacteria dan Lactobacilli, yang dapat membantu mengurangi peradangan di usus. Berkurangnya peradangan di usus berpengaruh pada peningkatan sensitivitas sel-sel tubuh terhadap insulin. Senyawa inulin juga dapat membantu meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel-sel tubuh dan memperlambat pelepasan glukosa ke dalam darah, sehingga dapat kadar gula darah tetap stabil.

Khasiat dari daun yakon ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi daun yakon secara rutin. Agar Anda mendapat hasil yang lebih maksimal, mengonsumsi daun yakon haruslah dibarengi dengan pola hidup yang sehat seperti rutin berolahraga atau menjaga pola makan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!